Sabtu, 31 Agustus 2013

Indonesia + Vietnam = Kopi Dunia

Dari mulai 2008 pengen banget jualan kopi, punya café yang isinya kopi dari berbagai daerah Indonesia - secara saya juga suka kopi. Impian itu hilang dan terlupakan, eh sekarang muncul lagi setelah di bangunkan oleh #10DaysForAsean. Tapi bukan untuk buka café, melainkan mempersatukan Indonesia dan Vietnam untuk menguasai dunia perkopian.

Karena baru tahu kalau ternyata Vietnam dan Indonesia adalah 2 negara penghasil kopi terbesar di dunia. Bahkan Vietnam mempunyai alat penyeduh kopi terkenal yang bernama Vietnam Drip. Dan kopi Indonesia terkenal dengan varian kopi luwak. Sebenarnya kopi ini bisa dibuat dimana aja, asal luwaknya ada…iya tho?


Indonesia saat ini mampu memproduksi kopi sebanyak 748 ribu ton atau 6,6 dari produksi kopi dunia pada 2012, sharenya dikit banget ya. Vietnam bisa dua kali lipatnya dan Brazil bisa dua kali lipatnya Vietnam …wuisss. Sebagai produsen terbesar, Brazil menguasai sekitar 20% produksi kopi dunia. Angka itu sama dengan gabungan Vietnam dan Indonesia, 2 negara tetangga di wilayah ASEAN.

Sebenarnya dulu tahun 1980an, Vietnam belajar mengenai karakteristik kopi di Indonesia. Sekarang Vietnam bisa berproduksi jauh dari Indonesia, walaupun wilayah tanam terbaik mereka hanya di perairan sungai Mekong. Indonesia yang lebih dekat dengan garis khatulistiwa, mempunyai kesempatan lebih besar untuk meningkatkan hasil produksinya. Dengan cara memperbanyak penyuluh kopi di seluruh Indnesia dan memberikan subsidi pupu bagi petani.

 Nah Negara Asean lain bisa tuh di tingkatkan produksi kopinya dengan belajar dari Indonesia dan Vietnam. Dengan menyamakan visi dan standard kopi, bisa jadi Asean jadi produsen kopi terbesar di dunia dengan menguasai lebih dari 30% produksi dunia. 

6 komentar:

  1. Tolong , jika anda menggunakan karya orang lain , kasih tautan langsung ke sumber » houseofinfographics.com/kopi-indonesia-terbesar-ketiga-dunia/
    Lalu gambar infografisnya ditampilkan secara utuh untuk menghargai pembuat , bukan di-crop seperti ini.
    Etika penulisan ketika menggunakan doc. orang lain diberi keterangan yg mempunyai doc. ini.

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ratih, bukannya di bawah itu sudah saya kasih referensi ya.... walaupun memang link nya nggak hidup.
      Dan jika cursor berada di gambar, sumbernya akan muncul....

      Saya minta maaf kalau menampilkan gambar yang sepotong2 dan tidak menampilkan penuh.
      Saya juga menghargai kritikan mbak Ratih dengan tidak menghilangkan koment diatas, terima kasih atas kritikannya.

      Salut dengan Infographic dan saya akan terus mengunjungi.

      Hapus
  2. Mesin usaha kopi pencetak omset terbesar silahkan klik Mesin Kopi Terbaik Salam Sukses :)

    BalasHapus
  3. Sebenarnya dulu tahun 1980an, Vietnam belajar mengenai karakteristik kopi di Indonesia. Sekarang Vietnam bisa berproduksi jauh dari Indonesia, walaupun wilayah tanam terbaik mereka hanya di perairan sungai Mekong. cotton gadda for bed , heavy winter blankets , double bed razai online , sofa covers near me , velvet bedsheet Indonesia yang lebih dekat dengan garis khatulistiwa, mempunyai kesempatan lebih besar untuk meningkatkan hasil produksinya. Dengan cara memperbanyak penyuluh kopi di seluruh Indnesia dan memberikan subsidi pupu bagi petani.

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship