Minggu, 01 September 2013

Disini ada LAOS

Setelah kemarin terheran heran dengan Myanmar yang nerapin visa untuk masuk ke negaranya. Sekarang ada Laos, negara yang perkembangannya jauh dari tetangga tetangganya di ASEAN. Laos yang merdeka di tahun 1949, namun masih terlibat perang dengan Vietnam (Perang Indochina). Sehingga kondisi negara tidak stabil, muncul juga perang saudara dan beberapa kali kudeta. Menyebabkan Laos belum bisa fokus ke ekonomi.

Namun di tahun 1975 kaum komunis Pathet Lao membentuk Republik Demokratik Rakyat Laos hingga saat ini. Kemudian mereka mempererat hubungan dengan Vietnam dan mengendurkan larangan ekonomi di tahun 1980 kemudia masuk ke ASEAN di tahun 1997.

 
Laos jelas butuh pemasukan untuk memperbaiki kondisi negara, setelah keran Swasta di buka di tahun 1986 – ekonomi mereka melesat. Namun tidak meratanya pembangunan masih terjadi disana, lapangan kerja juga belum memadai dengan jumlah penduduk. Sehingga banyak warga Laos yang berpendidikan tinggi, memilih untuk mencari nafkah di luar negeri.

Negara negara ASIA dan lebih khusus ASEAN mempunyai keindahan alam di tiap tiap negara, dan ini bisa menjadi daya tarik. Budaya masyarakatnya juga beragam dan menarik, sehingga jika di kelola serta diaatur bisa menjadi wisata tersendiri. Laos bisa memulai dari situ, sambil membenahi keamanan dan kenyamana pengunjung.

Kemudian memberikan diskon khusus bagi pelancong asal ASEAN karena jarak yang dekat, kemungkinan untuk datang lebih besar. Hal ini bertujuan agar negara tetangga respek dan memberikan apresiasi bagi Laos. Walaupun sementara pemasukan wisata tidak besar, namun mendapat pemberitaan oleh masyarakt ASEAN tentang keindahan dan keramahan Laos. Sama sama menguntungkan.

Sebenarnya nggak semudah itu juga untuk menarik orang datang ke suatu negara. Indonesia yang sudah merdeka 86 tahun aja, wisatawanya hanya fokus ke beberepa tempat. Dan hampir separonya tingkat kenyamanannya bisa dibilang masih rendah. Karena mungkin Indonesia lebih memfokuskan ke hal lain. Di tahun 2015 semua negara ASEAN musti mempersiapkan diri, termasuk Indonesia dan Laos. Supaya bisa memberikan kontribusi ke antar negara ASEAN serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

*)referensi:

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship