Rabu, 09 Januari 2013

Tips Nggak Ngantuk at Ceramah Jumat



Frend saya punya tips nih, supaya pas sholat jumat gak ngantuk. Tips saya ini dijamin manjur, karena sudah saya coba berkali kali. Malah saya sulit sekali tidur, hebatnya apa yg di sampaikan khotib bisa saya ingat sampe sekarang. Mau tahu caranya? Wani piro……..Glodak!.  Caranya dengan mencatat apa yg disampaikan oleh Khotib,  gitu aza aja zal? tunggu dulu.

Nah karena sekarang jaman sekarang social media udah maju, saya manfaatkanlah akun twitter saya (@rizalarable) untuk mengabarkan isi khotbah ke teman teman. So selama ceramah berlangsung, saya ngetweet. Bapak bapak disebelah kanan kiri pasti dongkol liat anak muda di sebelahnya pegang HP terus, ngetik lagi. Ehmmm…. Ngomong ngomong masih muda ya Mas? Nah mulai lagi deh, lanjuttt.

Bagi yang gak punya akun twitter, saya rasa Facebook juga bisa. Ketik agak banyakan trus post deh, update statusmu jadi keren kan. Kalo di twitter karena hanya 140 karakter, setiap satu kalimat yg bagus  dan bisa saya inget langsung di ketik – share. Jangan lupa pake hestek#, biasa saya pake #jumatceramah. Karena masjid pabrik mengadakan sholat Jumat, tweet ceramah tadi saya mention juga ke teman2 yg lagi ngantuk hi hi -  biasanya mereka bangun trus ngecek mention saya ha ha.


Kadang saya mention ke teman teman pabrik yang cewek , eh mereka pada suka karena gak pernah tahu isi khotbah jumat. Kadang mention ke orang terkenal, yg punya follower banyak…ntar mereka bisa kenal trus follow deh. Asal jangan di mention ke Khotibnya lho, ntar dia gak konsen deh. Kebiasaan ini saya mulai pas Ramadhan kemaren, jadi ceramah teraweh saya tweet kan.

Supaya tweet bagus tadi gak hilang, saya simpan ke Chirpstory. Bisa saya bagi ke teman teman, bisa saya baca dan ingat ingat, bisa dibaca banyak orang dan bermanfaat pastinya. So ini kesimpulannya supaya jumat tidak mengatuk dengan twitter: 
  • Tweet isi ceramah dari satu kalimat yang bagus dan diingat
  • Pake hestek# dan lokasi masjidmu
  • Jangan terlalu vulgar saat ngetik
  • Mention ke teman2, yg ngantuk, temen cewek dan MFP
  • Chirpstorykan, dan share deh


112 komentar:

  1. Aih,, jadi itu sebenernya dengerin khutbah apa twitteran ??

    BalasHapus
  2. hahahaha.. apa ntar tidak jadi masalah itu, kang.. bisa-bisa sama orang disamping, anda dianggap mengganggu :D

    BalasHapus
  3. hahaha..mantap mas.

    emang dah,setiap ngelakuin hal baik setan selalu aka goda. bukan hnya saat sholat jumat, saat ngaji di pesantren pun saya juga sering tertidur.

    mgkin faktor tema khutbah juga yg harusnya lebih segar. g melulu liat buku khotbahnya. tapi jg menyikapi problematika yg tengah hangat2nya. jadi g bosen dengarnya :D

    BalasHapus
  4. wah kreatif mas...
    tapi sekedar saran, ketika khotib berkhutbah hendaknya kita diam mendengarkan...kalo tidak salah saya pernah baca bahwa rosulullah dulu melarang sahabat yang bermain dengan kerikil ketika sedang berlangsung khutbah jumat..
    itulah godaan syetan memang lebih besar untuk mengalahkan kebaikan,

    maaf ya sob, bukan maksud apa-apa, but nice tips...salam persahabatan dari Muro'i El-Barezy dan jangan bosen berkunjung di gubuk saya mas

    BalasHapus
  5. @Holidan : Makasrii

    @Chopya : Jaga hati, jangan liat TL. Khusus tweet aja

    @Budy : Iya kadang gak enak juga, tapi saya merasa berbuat baik. Alloh pasti tahu

    @Faradis : Nah tweet aja, atau update di FB. Jadinya kamu berpahala karena berbagi hal yg baik. Siapa tahu orang lain malah dpt informasi yg dicari.

    @Muro'i : Thanks remindernya, sesama muslim harus saling mengingatkan. TApi saya sering ngantuk mas, pas pake cara tweet jadi gak ngantuk dan saya jadi perhatian ama khotbahnya plus bisa saya baca lagi plus orang lain bisa dapat info juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okelah sob, semoga bisa istiqomah menjalankan ibadah..amin

      Hapus
  6. hahahhahaaa...itu aku banget,kalau udah dengerin kotbah jum'at pasti bawaanya ngantuk :)
    makasih tipsnya sob.

    BalasHapus
  7. asyik neh buat bekal nanti siang,
    tapi ane gak pernah bawa hape kl ke masjid :D

    BalasHapus
  8. @Reo : Ngantuk atau sampe tidur kang> he he

    @Muro'i : Aamiin makasih ya brur, pengertian banget

    @Alkatro : Tablet bawa dong ato laptop aja

    BalasHapus
  9. Ha ha ha bisa aja nih tips-nya. Tapi sebaiknya tanya dulu deh sama guru ngaji. Tau sendiri kan kalo saat khutbah jum'at nggak boleh ngobrol. Nah "ngobrol" disini bisa jadi bukan cuma mulut. Takutnya "berkicau" juga termasuk kategori "ngobrol". Sori nih jadi kesannya ngajarin :-) angap aja diskusi :lol:

    BalasHapus
  10. “Barangsiapa memegang/menyentuh kerikil maka dia telah melakukan perkara yang sia-sia.” (Shahih Sunan Ibnu Majah no. 901 dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anhu)

    Adapun menjawab salam, membaca hamdalah kalau bersin dan mengucapkan shalawat ketika nama Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam disebut, diperselisihkan kebolehannya saat berlangsung khutbah. Sebagian ulama mengatakan hal itu tidak boleh karena ucapan “diamlah kamu” sudah dianggap sia-sia, padahal ia termasuk kategori al-ma’ruf (sesuatu yang baik. Maka, semua ma’ruf yang lainnya juga dilarang karena memang bukan waktunya, dan bahwa dilarangnya hal tersebut termasuk masalah “mendahulukan yang terpenting dari yang penting”, wallahu a’lam. (lihat al-Ajwibah an-Nafi’ah karya asy-Syaikh al-Albani hlm. 60)

    Menurut saya pribadi, baiknya kita perhatikan saja dulu, nanti setelah selesai kita bisa simpulkan point-pointnya dan kita tuliskan di twitter. :D

    BalasHapus
  11. info yang sangat cemerlang sekali

    BalasHapus
  12. cemerlang sekali infonya, boleh saya coba tipsnya

    BalasHapus
  13. Terimakasih untuk info yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. Info yang sangat bermanfaat, sukses selalu

    BalasHapus
  15. setelah membaca artikel yang sangat bagus ini, saya jadi mau coba

    BalasHapus
  16. Semoga artikelnya bermanfaat dah sejahtera selalu

    BalasHapus
  17. Ketika membaca Tipsnya saya sangat amazing, sukses selalu

    BalasHapus
  18. Ditunggu info dan tipsnya yang sangat berguna

    BalasHapus
  19. Semoga artikelnya berkesan buat saya coba

    BalasHapus
  20. Saya boleh coba tipsnya yang amazing

    BalasHapus
  21. Semoga infonya akan bermanfaat buat yang baca

    BalasHapus
  22. Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

    BalasHapus
  23. sukses buat artikelnya menarikk sekali

    BalasHapus
  24. semoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk mencobanya

    BalasHapus
  25. idenya bagus,terutama infonya boleh dicoba,salam sukses selalu

    BalasHapus
  26. idenya kreatif, boleh dicoba tipsnya

    BalasHapus
  27. saya boleh coba ide kreatifnya,salam sukses selalu

    BalasHapus
  28. Ditunggu ide kreatif yang bermanfaat buat saya,thnks

    BalasHapus
  29. saya akan coba tipsnya yang sangat mengagumkan

    BalasHapus
  30. Postingan berguna sekali buat saya,tpipsnya bagus sekali

    BalasHapus
  31. Pasti akan saya coba tipsnya,ditunggu info berikutnya.thnks

    BalasHapus
  32. Ditunggu ide kreatif yang bermanfaat buat saya,thnks

    BalasHapus
  33. sukses buat artikelnya menarikk sekali

    BalasHapus
  34. semoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk mencobanya

    BalasHapus
  35. saya akan coba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  36. saya akan mencobanya dan langsung mempraktekkannya

    BalasHapus
  37. Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

    BalasHapus
  38. saya pastikan akan di coba, terimakasih infonya

    BalasHapus
  39. Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

    BalasHapus
  40. makasih infonya,,
    memang saya sering ngantuk,,

    BalasHapus
  41. tips sangat bermanfaat...di tunggu tips yang lainya

    BalasHapus
  42. .I really like the content in this website, are all new things and new lesson for us this very increase knowledge becomes more widely, thank you very much for the information provided.

    cara mengobati tumor parotis

    BalasHapus
  43. for me this is a very very good information, because its contents make us become better know and learn more about the wide world, so it would greatly add insight for me, laneways that I say many thanks

    cara mengobati penyakit mata pterigium

    BalasHapus
  44. terimakasih untuk sharing informasi yang menarik ini

    BalasHapus
  45. terimakasih banyak gan ini sangat bermanfaat sekali buat kami

    BalasHapus
  46. thanks to shar information in the website,after reading i' very like'it

    BalasHapus
  47. i'm like for website after reading all in the page

    BalasHapus
  48. I really like the content in this website, are all new things and new lesson for us this very increase knowledge becomes more widely,
    obat penghilang jerawat di punggung dan dada tradisional

    BalasHapus
  49. Happy to be able to visit your website thanks

    BalasHapus
  50. This morning overjoyed that has been presented by the information very useful thanks .

    BalasHapus
  51. Thank you for providing this useful information that we will wait for further information

    BalasHapus
  52. Congratulations working again for that we will always wait for the information you are presenting.

    BalasHapus
  53. Always presents the sites were full of benefits thanks for grain to this day .

    BalasHapus
  54. page which is amazing pleased to visit. , , I found your blog on google

    BalasHapus
  55. At Friday 's weather was very bright at all and certainly have been presented with a very interesting site once thanks .

    BalasHapus
  56. Siang .. Let us plan what we will do. Let's do what we have planned

    BalasHapus
  57. Life always spinning? thank you for the interesting and useful information that is

    BalasHapus
  58. Not surprisingly, these sites always provide the latest information thanks .

    BalasHapus
  59. I still liked this article, good, good content, and unique design.Thank you for sharing the article.
    pengobatan untuk sembuhkan hipertiroid

    BalasHapus
  60. We always wait for the offer of other information besides that you can also visit our article
    Bahaya Mata Merah

    BalasHapus
  61. we here provide information about health articles, hopefully useful
    Cara Mengatasi Kebas Pada Paha

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship