Jumat, 12 Oktober 2012

Tarik Batik!!

Pengakuan Unesco atas Batik adalah momen yang sangat melegakan masyarakat Indonesia, tepatnya 2 Oktober 2010 Batik diakui sebagai warisan budaya bangsa yang berasal dari Indonesia. Kenapa melegakan karena warisan budaya Indonesia itu terancam diakui oleh negara lain….udah pada tahu kan. 

Setelah itu masyarakat Indonesia menyambut gembira dan bangga serta sering memakai Batik. Walaupun beberapa masyarakat masih memakai tekstil bercorak batik, bukan batik nya itu sendiri. Karena batik adalah kain yang ditulis atau memakai cap. Untuk sementara ini nggak apa apa lah ya, euforia ini harus tetep dijaga, daripada ditinggalkan orang…iya ndak.

Batik yang dulu hanya dipakai untuk acara/kegiatan resmi, sekarang banyak orang memakainya dibanyak kesempatan. Model nya pun sudah beragam, motifnya apalagi. Warnanya huihh buanyak dan bukan hanya pakaiannya, banyak aksesoris yang tidak lepas dengan Batikisasi. Serba batik ada dimana-mana, orang pada suka dan gak canggung untuk menggunakannya.


Nah karena saat ini saya berdomisili di Riau, cerita dikit mengenai Batik di Riau ya. Disetiap daerah seperti  Solo, Yogya, Pekalongan, Cirebon bahkan Papua memilki kain batik khas mereka, nah Riau juga punya dong. Namanya Batik Tabir, dengan pola yang memanjang dari atas kebawah dan pola tekat yang mengandung keagungan.

Saya tinggal di Pekanbaru Riau, tapi belum pernah beli atau punya Batik Tabir ini he he. Ntar lah saya coba cari dan harus beli, untuk melestarikan Batik Riau dan meningkatkan taraf hidup pembatik Riau pastinya. Kalau mahal itu udah pasti, niat beli itu dah kudu (harus). Belinya dimana ya….?


Sebelumnya minta maaf ya frends, kalo dipostingan ini agak kurang bagus menurut saya. Karena jarang  saya menulis untuk Blog dengan tema yang ditentukan, biasanya ngalir aja nulis dengan tema bebas. Tapi doesn’t matter karena dengan mengikuti #ligabloggerindonesia ini saya jadi terpaksa untuk menulis sesuatu yang belum saya kuasai. Harapannya saya bisa terlatih dan mempunyai pengalaman baru. 
Seperti di akhir postingan sebelumnya, saya mohon dapat mendapatkan nilai di liga ini dengan cara mengisi box komentar dengan komentar apa aja dan me mentions akun twitter saya di @rizalarable. Jika ada yang ingin ebook silahkan cari label ebook di beberapa postingan, cara mendapatkannya ada disana.



Photo on The Street - Batik on my Factory

Go Batik Go!

Batik Tarikkkkk...

Batik Band


Kerja Kerja Kerja

Sorong Batiknya

Juragan Batik

Pemilik Truk juga mBatik







8 komentar:

  1. Cantik blog awak. Blog sy pun biasa2 je. Cuba tgk..

    BalasHapus
  2. keindahannya sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara, memang tak pernah sepi penggemar. Meski waktu terus berlalu, namun peminat batik tetap setia. Tidak hanya dari kalangan ibu-ibu semata, tapi juga kaum wanita yang masih muda. Cintailah produk Indonesia, dan dapatkan produk-produk batik fashion yang diupdate tiap hari, dari dress batik, gamis batik, rok batik, blazer batik ataupun kemeja batik

    BalasHapus
  3. Lawatan perdana nih. BW sesama blogger. Yuk BW.

    BalasHapus
  4. Dimana kantor bg hari apa tu, pake batik semua? :D

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship