Rabu, 12 Maret 2014

Ngeblog itu Membangun Peradaban

Keren banget nih judulnya, ah itu perasaanmu aja zal...iya deh *malu. Walaupun nggak tahu isinya bagus ato enggak, yang penting judulnya bro. Udah udah, emang mau nulis apa sih, ane mau nulis what should i must ngeblog. 

Pepatah kuno mengatakan “ada keramaian pasti ada yang jualan” nah karena banyak yang suka baca, maka saya menulis. Bisa menulis karena dipaksa (saat kuliah dulu 1999), tapi akhirnya sampai sekarang ku pupuk hingga punya Blog Sing Biasane ini.

Semangat saya membara saat pemaksa itu mengataka bahwa “Peradaban itu di tunjukkan dengan adanya tulisan, jadi kalau ingin membangun peradaban caranya dengan menulis”

Drrrtt drrttt bergetar dada saya mendengarnya, eh bukan.... ternyata hp di kantong depan yang bergetar. Hingga saat ini menulis saya jadikan kesukaan dan keharusan, ngeblog jadi fardhu ain di tiap minggu.

Pingin sebenarnya kalau apa yang kita tulis bisa menginformasikan, menginspirasi, lebih lebih menggerakkan – ke arah yang baik pastinya. Berapa tuh pahalanya, ntar pembaca itu menginformasikan ke temannya – wuih wuih kita punya ilmu yang bermanfaat yang pahalanya terus mengalir hingga meninggal nanti. 
 
Dan sekarang-sekarang ini aja baru tahu caranya, untuk expert di satu bidang, musti latihan hingga 10.000 jam. Kalau sehari 3 jam kita latihan, butuh sekitar 10 tahun.

Insyaalloh setelah itu tulisan kita lebih bagus, berisi, mengalir, bermanfaat. Saat ini pun saya mulai menentukan genre tulisan yang akan saya latih, karena kalo terlalu umum ntar tidak ada pembeda. Semoga 10 tahun lagi apa yang saya tulis bisa menggerakkan pembaca dan membangun peradaban yang lebih baik aamiin.

10 komentar:

  1. setuju sama kalimat pertama, yang penting judulnya bagus... Hahaha...

    Tapi beneran, tanda peradaban berpindah dari masa pra sejarah ke masa sejarah itu karena ada tulisan. Jadi kita sama-sama sedang membangun peradaban ya...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak cucu kita bakal tahu ada 'sesuatu' di jaman dulu kala dari blog kita.

      Hapus
  2. aamiin.
    "Pingin sebenarnya kalau apa yang kita tulis bisa menginformasikan, menginspirasi, lebih lebih menggerakkan – ke arah yang baik pastinya." Saya setuju... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo setuju ntar coblos gambar saya ya.... *emangpemilu

      Hapus
    2. Serius ikutan kampanye tho?

      Hapus
  3. Iya juga yaa mas, KWnya peradaban . dengan menulis tentu banyak yang akan baca, nah surat pertama yang turun kan Iqra', berarti Bacalah. maka untuk mendukung nya harus ada tulisan kan? iya mas setuju untuk membangun peradaban. Keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Ca...... perintah pertama Nabi aja di suruh baca ya..

      Hapus
  4. Sayangnya di daerah saya jarang sekali ada toko buku. Dulu ada toko buku yang bisa dibilang koleksi bukunya komplit kayak gramed, tapi udah tutup. Di kota saya mah kebanyakannya tukang jualan pulsa masbro, jalan 3 meter ketemu penjual pulsa..... jalam 5 meter lagi...... ada counter pulsa, ah pokonya penjual pulsa semua.

    Yang penting kita selalu membaca dan menulis ya masbro, hehe

    BalasHapus
  5. Teman saya juga pernah bilang Mas bahwa syarat menjadi penulis harus belajar dulu menulis dulu selama 10.000 jam. Waktu saya tanya 10.000 jam itu kalau dihitung jatuhnya berapa hari? teman saya gak bisa jawab.. haha..
    Di suruh ngitung sendiri, maleeess haha..
    Baru tau dari Mas Riza ini 10.000 jam itu jatuhnya 10 tahun jika sehari nulis 3 jam! Trima kasih lo Mas sudah repot-repot menghitungkan buat saya :D

    BalasHapus
  6. Amiiiiin. 10.000 jam latihan ya... *iket kepala *lipet lengan baju

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship