Jumat, 31 Januari 2014

1 Dari Imlek

Ternyata ada hal-hal baru dari Tahun Baru Imlek, salah satu etnis tertua di dunia ini memang mempunyai sejarah yang sangat membanggakan.

Buat yang tidak tahu Imlek  itu apa, Imlek itu adalah Tahun Baru bagi Orang Tionghoa. Dan itu merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Kali ini ane akan mencoba  memberikan beberapa info yang mungkin bisa jadi sekadar informasi dan teladan bagi siapapun yang membacanya.

Pada malam pergantian  Imlek, orang Tionghoa biasanya berkumpul bersama orang tua, keluarga inti, dan kakak/adik, di rumah  keluarga yang paling dituakan untuk makan malam bersama. Pada kesempatan yang berbahagia tersebut mereka saling berbicara, menanyakan kabar, bertegur sapa, berdoa, dan membuat target-target baru di pergantian tahun yang akan segera mereka temui.

 

Berbicara mengenai  makanan, tiap suku-suku mempunyai makanan spesialnya masing-masing yang akan disajikan dan dimakan bersama pada malam pergantian tahun baru tersebut. Yang hampir selalu ada yaitu jeruk dan juga “kue keranjang”. Kue ini  berbentuk bulat dan dibungkus daun pandan atau plastik yang terbuat dari telur, tepung dan gula dengan tekstur kenyal dan manis .
 
Kue tersebut dilambangkan bahwa, mereka memulai tahun baru dengan sesuatu yang manissss :)
 
Pelajaran yang bisa diambil, semoga dimanapun kita berada dan apapun agama dan kepercayaan kita, jangan lupa untuk saling tetap mengunjungi teman dan sanak saudara kita. Karena itu akan memperlancar rejeki kita. Sekaligus hiburan dan selingan yang barangkali setiap harinya kita bosan dengan kegiatan aktivitas yang sama.

2 komentar:

  1. cocok kang qoute ini buat yang makin keras membeda-bedakan manusia berdasarkan golongan dan agamanya => "semoga dimanapun kita berada dan apapun agama dan kepercayaan kita, jangan lupa untuk saling tetap mengunjungi teman dan sanak saudara kita"

    BalasHapus
  2. Saling menghargai antar sesama umat manusia memang penting. :)

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship