Sabtu, 11 Januari 2014

Rumus Excell jadi Sedekah

Suatu hari di kantor, lagi ngerjain laporan excell. Kebetulan lagi kesulitan tentang rumus, biasanya sih juga nggak bisa ...nah loh. Sepele sih, Cuma ngeluarin angka tanggal dari kolom yang berisi tanggal lengkap (tanggal, bulan dan tahun). Kalo ngeluarin tahun pake ‘year’, ngeluarin bulan pake ‘month’, lha kalo ngeluarin tanggal pake ‘date’ ,,, tapi kok nggak bisa ya.

Ambil buku excell, tapi nggak tahu harus masuk ke judul mana? Searching lah.... tapi mereka salah paham semua. Keyword ‘mengeluarkan tanggal dari excell’ , hasil pencarian nggak ada yang cocok. Tengok kanan kiri, waduh siapa nih yang ahli excell... nggak ada. Otak atik lagi nih rumus, mikir ..... mikir .... gimana yach. Coba tanya Candra lah.....

“Can! Kamu bisa nggak ngeluarin tanggal di Excell?”, “Maksudnya gimana?” “,,,, gini lho” aku pun menuju ke mejanya. Dari tanya jawab beberapa menit...., Candra nih nggak bisa (dalam hati).... Untuk menjaga perasaannya, aku tetep diskusi dan ngasih contoh kalo ngeluarin Tahun dan Bulan, “nah kalo tanggal piye can?”. 


Akhirnya terucap juga dari mulut Candra “Aku nggak iso Je”, di saat yang sama dia mau ngetik kata ‘DATE’. Disaat masih 2 huruf ‘DA’ , excell mengeluarkan pilihan opsi rumusnya.... dan aku melihat kata ‘DAYS’>>> Ahaiyy aku menemukannya!

Langsung balik ke meja, dan praktek.......berhasil!. “Kamu bisa karena ngajari aku zal” Candra berkomentar, eh bener juga ya. Jadi teringat dengan Ust.Yusuf Mansur, langsung teringat sedekah, ngasih bakal di bales. Wah langsung dibales nih sama Allah, gak pake lama. 

Kalau seandainya aku tanya yang ke pinter excell, mungkin dapat ilmunya – tapi aku nggak ngasih apa-apa. Nggak dapat pahala minterin orang, nggak nambah yakin janjinya Allah. InsyaAllah selama ini sudah ngelakuin sedekah, dan  alhamdulillah dapat iman, dapet sehat, dapet kelancaran kerja, hubungan keluarga yang harmonis, bisnis yang jarang problem.

4 komentar:

  1. Sederhana, tapi mengena ya. Daripada mau sedekah duit lama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedekah bisa pake duit, energi dan waktu....... balasannya bisa di dunia atau di akhirat

      Hapus
  2. belajar dan mengajarkan, udah sepaket. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, ntar gak ragu ragu lagi deh,,,,,, ngajarin ilmu.
      sampaikan walau satu ayat..

      Hapus

Barusan Pulang

Friendship