Jumat, 08 Maret 2013

Semarang the Destination

Ketemu lagi di Blog Sing Biasane edisi LBI, tiap jumat saya nulis post sesuai dengan tema dari Liga Blogger Indonesia. So to ayam…halah, so - theme of this week is “if i go to Semarang” I will titik titik titik….jawabannya pasti gitu kan. oke, yuk kita jawab.  

Di tahun 2004-2006 saya pernah bekerja di Ungaran Jawa Tengah. Jika mau ke Semarang, butuh waktu 45 menit untuk mencapainya. Seperti yang pernah saya tulis di Jateng Riwayatku Dulu.

Lebih dari 1,5 tahun di Ungaran, pergi ke Semarang hanya beberapa kali. Alasan pertama gak ada kendaraan sendiri, kedua capek banget. Kerja 6 hari 12 jam, minggu adalah hari bersih-bersih kamar kost, cuci baju dan leyeh leyeh atau ke tempat Mbak kandung di Jogja. Kalau ada keperluan aja baru ke Semarang, misalnya ketemu kecengan atau diajak teman jalan jalan. Tapi kalo sekarang ada kesempatan ke sana yo jelas gak disia siakan, apalagi nanti kalo tiket Pekanbaru – Semarang dapat gratis. Aamiin.

Ngobrol ngobrol, di Semarang ada apa sih… kalo di Jawa klihatannya semua ada, wisata alam, buatan, mall sampai kuliner, dari yang alami hingga yang modern. Semarang juga gak sedikit kuliner yang ngangeni, pertama dan paling utama ‘Lumpia’.

Di gang Lombok ada yg muantaps tenan + es cao (cincau), tempatnya di samping Klenteng Tay Kak Sie – diajak teman sekali aja disini >>akan kujadikan destinasi pertama.

Trus di sekitar Undip bawah, banyak banget tuh kuliner. Kalo deket kampus harganya tahu lah, mahal! lho lho…? Terjangkau banget kok, variasinya banyak banget : Mi ayam sastro, bakso usus darno, soto, tahu gimbal dan es  cendol erlangga itupun kalo masih ada>>> tercatat untuk destinasi kedua.
Lanjutt, yang gak ada di tempat lain…sego mangut khas Semarang. Mangut nih lauk yang dibakar atau di asap, dengan berbagai macam bumbu yang pedas….yang di mangut bisa macam macam, bisa berupa daging ikan manyung, kepala ikan manyung, daging ikan pari, ikan tongkol, atau belut yang sudah matang >>> masuk calendar destinasi ke tiga

Yang terakhir, aku musti pengen ke Pantai Marina – beli ikan di tempat pelelangan….murah murah. Pacar saya dulu sama om dan tantenya pernah ngajak kesini, saya liat aja dan gak beli – saat di tawarin pun beraksi nolak. Pertama harus jaga image, kedua sebagai anak kost gimana ntar masaknya he he.

Setelah itu ingin lah saya menuju Ungaran, siapa tahu masih ada temen temen lama yang kerja di Ungaran Sari Garment. Menjalin tali silaturahim yang lama putus. Sambil bernostalgia di Karangjati tempat kost dan mencari makan… ahaiii.

13 komentar:

  1. wah, bnyak bnget kulinernya ea?
    psti asik dsana, pgen...
    ^_^

    BalasHapus
  2. makanannyaaaa...bikin cleguk aje nih :)
    smg sgr terkabul niat ke ungarannya ya mas

    BalasHapus
  3. makanan di jawa tuh warnanya pasti nggak jauh2 dari coklat kehitaman. banyak kecap nya.. daannn menggiurkan..

    aku dulu sekolahnya di jakarta, pernah beberapa kali di ke semarang, tapi kulinernya nggak begitu tau sih. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sebulan di semarang pasti udah ngerti tempat makan yang maknyuss

      Hapus
  4. apal rek karo makanan semarangan, mangut kayaknya enak tuh dimakan (iya lah, masa dibuang)....

    kok tulisan ini fokusnya lebih ke kulinernya ya, sisi tempat wisata (non kuliner) kurang ditonjolkan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pertanyaannya jika aku ke semarang, jadi ya fokusnya ke aku... he he
      Kalo yang enttuh aku belum punya pengalaman, jadinya gak bisa cerita.

      Hapus
    2. kesemarang bareng yuk, tapi sampeyan yg ndanai :D *mahasiswa* *mental gratisan*

      Hapus
  5. assssikk semarang ^_^ . ikut LBI ya.

    BalasHapus
  6. Wah gang lunpia gak lombok ya..wes tau,depannya ada seperti selokan mataram di yk ya..mantaps..asal gak pas rob aja

    BalasHapus
  7. Rani dlu nyaris sebulan tinggal disemarang, paling ndak klop ma nasinya, aneh gtu dilidah, tp bandengnya muanteep.. *btw kok ga bahas bandeng ya pak? Kan paling terkenal bukanya?

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship