Senin, 11 Maret 2013

Bisnis Apakah Mimpi

Keinginan untuk memulai bisnis/ usaha secara total belum kujalani, bulan ini jadi penentu apakah aku mulai atau 50% lagi. Menjalani usaha sendiri jadi pilihan jika keluar dari kerjaan nanti, bukan berpindah ke lain hati. Atau lari dari kenyataan ini, diriku sudah siap jikalau nanti mandiri.

Eits, memutuskan untuk memulai bisnis sendiri, baik 100% atau 50% musti ada dasarnya loh – ada alasannya. Setidaknya ada 3 yang pernah saya pelajari:

3. Paling rendah alasan seseorang untuk memulai usahanya adalah karena kepepet, ntar dapetnya ya mepet. Tidak terencana, asal jadi, asal untung.
2. Yang kedua karena pengen kaya, penjudi pun pengen kaya, koruptor juga pengen kaya, yuk cari pembeda.
1. Paling utama adalah karena ingin berkontribusi pada hidup dan kehidupan. Percaya bahwa Alloh SWT,  menciptakan kita karena ada misinya, ada tujuannya.

Seperti firmanya di QS Ali Imron:110 “Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar……..”

Nah kita adalah umat terbaik, ciptaan pilihan – melaksanakan ayat diatas sama saja dengan berkontribusi, mempunyai aktivitas yang bermakna, membantun orang lain. Bagaimana kalau bisnis/ kita adalah yang  berkontribusi atau membantu orang lain, bukan hanya profit yang kita dapat namun keberkahan juga.

Menyediakan kebutuhan orang lain, meringankan beban orang lain, mempermudah aktivitas orang lain dan bahkan membantu kesulitan banyak orang adalah pilihan bagi bisnis yang akan kita mulai. Bisnis apa sih yang paling bagus, ada Duah!: pertama adalah yang sesuai dengan passion kita, kedua adalah yang besok bisa langsung dibuka. Jika passion belum dapat, pilih bisnis yang non technical.Semua orang bisa melakukan, misal jualin barang orang, ini gak techinal dibanding service AC.


 
Berikutnya adalah perdalam niat anda dalam berbisnis, usahakan yang no 1 ada dalam dada “Alloh SWT, memilihku untuk berkontribusi, membantu orang lain sebanyak mungkin”. Karena bisnis bukan untung rugi namun surga dan neraka. Kekuatan yang memberi anda dorongan tiap hari adalah hal itu. Dijamin deh kuat hati, menjalani hari demi hari.

Trus kita harus tahu caranya dong, ya banyak belajar, ikut pelatihan, membaca dan bertanya ke orang-orang yang telah berhasil lebih dahulu. Segera mulai untuk mempraktekannya dan selalu perhatikan langkah yang anda buat. Karena sistem bisnis, harus mulai dibangun, supaya karyawan dan sistem yang kita bangun, bisa melakukan usaha ini sendiri. Nah tanpa adanya kita, usaha bisa jalan, saatnya fokus ke pengembangan dan diversifikasi usaha.

Saya bukan orang yang telah berhasil dalam melakukan usaha, tapi starup yang suka belajar, baca, dan nulis untuk berbagi. Moga dengan berbagi ilmu ini, Alloh SWT, menurunkan keberkahan buat saya dan orang orang di sekitar saya dan pembaca Blog Sing Biasane.

17 komentar:

  1. Amiin..semoga keberkahan buat bang rizal yg udah berbagi ilmu bisnisnya:D

    iya bang betul, kebanyakan org mikir bisnis itu untung rugi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak Tian..... yeh... Fian ding

      Hapus
  2. aamiin.
    semoga keberkahan buat kita semua.

    BalasHapus
  3. setidaknya bapak telah mampu untuk juga menularkan semngt positif untuk menjadi seorang pengusaha! :)

    BalasHapus
  4. kak.... saya lihat artikel anda bnyk mengandung bisnis ^_^ .. bisa jadi referensi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga gak mengandung racun ya he he....moga bermanfaat

      Hapus
  5. psssssttt.... bisnis apa neh bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. *ssstttt...barang baru nih bang...mau tak?

      Hapus
  6. Aamiin..mugo2 sukses lancar jaya

    BalasHapus
  7. sukses ya buat bisnisnya. awalnya kecil tapi mudah2an lama2 omsetnya meningkat.
    jgn nyerah ! ^______^

    BalasHapus
  8. Aminn... jika niatannya seperti itu kegagalan mungkin bisa dianggap sebagai sebuah berkah pelajaran berharga

    BalasHapus
  9. ngerasa dapet "pencerahan" abis baca ini.. hmm, makasih yah kang.. mau ngilmu yg ini ah, "Karena sistem bisnis, harus mulai dibangun, supaya karyawan dan sistem yang kita bangun, bisa melakukan usaha ini sendiri" ngena banget ini >.<

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship