Senin, 18 Maret 2013

My Father Coming



Wuihhh seneng nya hatiku – tiada terperi,  setelah 5 tahun bekerja di Pekanbaru Riau. Minggu kemaren Bapakku dari Surabaya datang untuk pertama kalinya ke Bumi Lancang Kuning, Tanah Melayu, Kota Bertuah…. Hua ha ha banyak banget sebutannya ya. Aku sempet tanya ke adikku, emang ada apa Bapak ke Pekanbaru? ‘kasihan sama kamu, gak pernah di datengin’ ohhh… tak kira mau bagi warisan ,,,, ajaiiiyy.

Dari dulu pengen sebenarnya ngajak Orang Tua ke Pekanbaru, melihat kehidupan anaknya yang merantau. Tapi karena jarak dari Surabaya ke Pekanbaru dan biaya yang cukup tinggi. Niatan itu jadi tertunda, dan sempet menyesal karena Ibu meninggal tanpa pernah mengetahui kota tempat tinggal saya. 

Kedatangan Bapak tidak kusia siakan, 5 tahun berpisah hanya bertemu 3 kali. Jadi saya telah mempersiapkan rencana selama Bapak disini – seminggu men. Yang pertama pasti ruang istirahat, Orang tua kita harus diberi yang layak. Kamar kami (dan istri) direlakan untuk Bapak, kasur dirapiin, sprei baru di laundry, AC oke, dan ruangan disapu bersih. Ruang keluarga juga di rapikan, diberi alas yang bagus, barang barang berserakan di area belakang ku bersihkan. 


Jadwal makan malam harus di luar, karena kami berdua bekerja. Dan nggak bisa menemai sarapan dan makan siang. Saya sudah merencanakan cuti  dan pulang kerja selalu tepat waktu.

Saya ingin banget jadi anak yang berbakti, walaupun tidak bisa memuaskan dalam hal materi. Tapi aku tidak akan merepotkannya dan mencoba melayani. Aku dan istri berusaha bergantian mengajak ngobrol beliau, bercanda dan kadang menggodanya ha ha. 

Walaupun usianya sudah  senja (66 tahun), tapi beliau masih sangat sehat dan tidak kekanak kanakan. Masih berusaha menjaga diri, tidak ingin merepotkan dan malah membantu bersih-bersih rumah. 

Supaya gak bosan di rumah, Bapak selalu aku tawari untuk ikut aktivitasku di luar: nganterin laundry, beli makan, beli sesuatu, sholat di Masjid. Aktivitas yang disukai adalah nonton bola, dan aku berusaha menemani tiap sore. Karena dulu kita sering nonton bola berdua, bahkan saat aku masih SD-SMP, kami nonton pertandingan yang tengah malam. 


Saat beliau mau tidur (21.00) kami masih terjaga, beliau bangun pagi kami sudah beraktivitas. Kalau di Surabaya, beliau jarang ketemu adik adik (sibuk kerja). Saat tidur - adik adik belum datang, saat bangun dan berangkat kerja – adik adik belum bangun. Walaupun secara materi saya belum bisa memuaskannya tapi orang tua (seperti Bapak saya) lebih menginginkan keakraban dengan anaknya, menantunya serta cucunya.

17 komentar:

  1. saya jadi sedih mas, jadi ingat almarhum bapak saya, belum sempat membuat dia seperti yang mas lakukan terhadap bapak mas. sg bapak mas sehat selalau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nyesel, karena belum maksimal mencintai IBU saya yang keburu meninggal dunia

      Hapus
  2. Bener Zal, yang penting diberi perhatian ... jauh lebih berharga dari harta benda dan materi.

    BalasHapus
  3. betul boss, sekarang ini banyak anak yang memberi harta berlebih ma orang tuanya ( bagi yang kaya2 doank ) , tapi tidak pernah menangkap apa sebenarnya keinginan orang tua sesungguhnya.

    padahal mereka hanya menginginkan kedekatan dengan kita dan penerusnya ( cucu ).

    Lakukanlah apa yang bisa kita perbuat untuk orang tua saat ini juga ,

    jangan menunggu sampai penyesalan datang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinter nulis juga nih si Abang....yuk nulis bareng

      Hapus
  4. stju mas bro....
    org tua kt cm ingin keakraban dan kasih syg dr kt sbg anaknya, bukan materi....
    saya jd iri nih, dah 3 thn merantau blm ktemu org tua sekalipun. tlong doain saya ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, saya ikut doakan supaya mas andy bisa segera di kunjungin orang tuanya ya Alloh.

      Hapus
  5. .. wachhhhhh,, ternyata sby jg. he..86x. upzZz,, pasti seneng banget nich ketemu ortu, aq aja kalo pas keluar kota gitu ma temen^ hanya beberapa hari aja udah kangen banget. kangen ma ortu n adek^. he..86x. eitzZz,, kalo umur segitu sebaiknya lebih sering di ajak bersosialisasi n diberi kesibukan apa gitu. agar gak pikin n yachhhh,, gitu lah. papah aq aja udah siap^ merancang. kalo masa tuanya, beliau gak mau berdiam n maunya bersibuk ria. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi mbak, bonek ki he..87x
      Bapakku juga memilih kerja, di Alfalah mbak -dekat bonbin

      Hapus
  6. wah senengnya mas.
    andai Abah saya masih hidup pasti akan saya senangkan seperti di atas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. TInggal mendoakannya aja ya sekrang. must kenceng dan tiada henti

      Hapus
  7. salam kenal mas Riza. tinggal di pekanbaru ya ? saya di jambi mas...:)

    pasti senang dikunjungi orang tua ya..semoga Allah SWT selalu memberi kesehatan kepada ayahandanya. Senang selalu melihat senyum tua itu.....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAlam kenal juga, wah saya pernah sekali kesana he he..makan nasi lemak.

      Seneng banget dan pengen lagi. Aamiin , terima kasih Doanya

      Hapus
  8. luar biasa mas,

    senang bisa baca tulisan ini
    selalu kisah menari seperti ini yang membuat saya berkomentar.

    salam buat ayahnya,

    *jadi kangen juga hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Asmarie....
      Terima kasih lagi untuk pujiannya

      Segera ketemuan Mas....obat kangen he he

      Hapus

Barusan Pulang

Friendship