Selasa, 03 Maret 2015

Berguguran di Kompetisi LBI 2015

Sejak Januari kompetisi LBI dimulai dan sekarang tinggal 4 mingu lagi. Baru kali ini saya coba untuk menulis tentangnya, karena memang panitia meminta seperti itu he he. Sebenarnya nggak pengen nulis tentang LBI karena dulu-dulu sudah pernah, dan sering. Biar jatahnya peserta yang baru masuk aja yang nulis tentang LBI 2015.

LBI sudah saya ikutin sejak jaman trial sampe sekarang, jadi udah 3 atau 4 musim saya ikutan. Udah agak tahu lah seluk beluk dan jalannya kompetisi ini. Dari sulitnya admin memberikan nilai, sehingga kadang salah. Dari nggak ada hadiah dan hanya mengikuti peraturan. Peraturan yang sering berubah ubah dan kadang nggak fair.
Kalau dari sisi peserta, mungkin karena ketiga problem diatas: Peserta yang awalnya semangat, sedikit demi sedikit berguguguran. Bukan nggak mau dan mampu melanjutkan kompetisi, mereka kecewa karena apa yang sudah dikerjakan tidak mendapat point dan nilai. Atau ngapain juga sih capek-capek gini, nggak dapat apa apa. Atau yang berada di peringkat bawah dah nggak mungkin menang, ngapain juga diterusin – gak ada gunanya.

Trus gimana caranya bisa bertahan di LBI? Tambah aja bek, kurangi penyerang... jadi kayak sepak bola ya. Musim awal kompetisi LBI saya merasakan bener rasanya tersiksa harus menulis (konsistensi), nilai yang di perebutkan tiap minggu sama. Jadi kalau gak dapat point di satu minggu, minggu berikutnya jangan sampe gak dapat lagi – karena gak akan bisa melewati kalau peserta di atas tidak terpeleset juga.
Problem admin LBI yang kurang teliti, sering jadi amukan (lebay) peserta. Saya pun pernah – hampir tiap kompetisi, dan kecewa trus nulis sumpah serapah di postingan. Trus sudah akhir musim gak dapat apa-apa, hanya ucapan terima kasih he he juga udah pernah.

Jadi kalau sekarang melihat teman-teman peserta LBI berguguran, itu mah udah biasa. Baca kekecewaan peserta karena point gak dapat itu juga biasa. Banyak faktor dan kabar baiknya adalah prosentase terbesarnya adalah dari diri kita sendiri. Saat sudah malas melanjutkan LBI atau kompetisi lainnya, pls ask tu yor hart apa yang kau dapat dan apa yang kau cari.
Di suatu kompetisi LBI banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang bisa kita ambil, gak usah minta materi deh lha wong ikutan gak pake bayar. Ilmu bertambah dengan menulis tema, kemampuan menulis bertambah dengan siksaan 3 postingan. Teman dan wawasan bertambah dengan blogwalking dan komentar. Empati bertambah karena ada orang yang repot-repot memberikan kesempatan kepada kita untuk menjalankan roda kompetisi LBI ini hiks hiks.

Tuhan kadang tidak memberikan apa yang kita minta, tapi memberikan apa yang kita butuh dan perlu.

30 komentar:

  1. Wah, sepertinya memang perjuangan banget ya buat bertahan di LBI. Sampai seperti itu. Terus terima kasih itu lumayan loh. Terharu. :D

    BalasHapus
  2. baru tahu saya kalau LBI pernah request fasilitas untuk disabilitas
    seru tuh

    heeeem.....
    entahlah

    mungkin Tuhan punya rencana mempertemukan kita
    so sweet hehe

    setuju
    nge-LBI ga usah nguber lagi materi, penghargaan, cari makna dalam tulisan

    Tuhan pasti memberi yang terbaik
    so sabar aja

    sungguh kehormatan bagi saya beberapa kali menorehkan komentar di 10 besar LBI
    yang tetap bertahan dari awal trial sampe sekarang, saluuut tebel coklatnya eh
    hehe

    mohon maaf bila kurang berkenan
    terima kasih

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Masih pada semangat nih ternyata, tulisan ini membuat saya iri untuk bangkit lagi mengikuti kompetesi ini dan lanjut tidak berhenti ditengah jalan. Makasih, tulisan ini sangat membantu dan memunculkan semangat lagi.

    BalasHapus
  4. oh ya mas, mohon maaf sebelumnya aku komen lagi
    sekedar saran saja, blognya warnanya susah

    latarnya gitu
    tulisannya warna warni
    saat sekilas aku masuk blog mas nyakitin mata
    syukurnya netbookku di seting untuk setingan low vision karena aku ga kuat, ya itulah

    mungkin maksudnya biar menarik gitu dibuat warna warni tapi entahlah gimana setingannya biar nyaman untuk pembaca yang lain, kasian

    semoga ga tersinggung
    sekedar saran dan masukan si ya
    ga juga ga apa si
    mohon maaf sekali lagi

    BalasHapus
  5. Wow mastah LBI men... Hehe semangat kakak hee

    BalasHapus
  6. Kalau aku ikutan LBI mulai musim kedua, so far dalam rangka menjaga spirit ngeblog, latihan menulis,

    Iya sih, ada juga terbersit unge-uneg yg dituliskan di atas, misalnya perolehan point, jika dua postingan biasa di nilai 1 point, logikanya jika setor 1 postingan biasa dapat 0,5 point. Tapi kemudian saya abaikan saja, yg penting ikut LBI dalam rangka happy blogging

    @ririekayan

    BalasHapus
  7. Dari sekian uneg-uneg saya hanya ingin memberikan satu masukan untuk admin, yaitu komentar. Sebagai admin yang sudah ngasih tugas ke peserta, mbok ya ninggalin komen kek ke postingan peserta. Itung-itung sebagai bentuk penghargaan gitu. Dari sekian blogwalking, saya belum pernah tuh lihat admin ikut komentar..
    Yah sekedar masukan aja, dan semoga catatan ini dibaca oleh admin. Eh dibaca sekaligus dipraktekkan hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kadang ada kok mbak, biasane sih Asmarie.

      Hapus
  8. ^_^ duh tambah seru saja event yang satu ini, sayang musim ini saya nggak ikut partisipasi

    BalasHapus
  9. Setuju pak.. Sbg peserta baru jg sy mulai ngerasain sebetulnya dg ikutan LBI saja pun udh banyak manfaat yg didapat, mulai dr dpt temen baru, bs baca tulisan2 keren milik peserta2 lain, nambah ilmu ngeblog, dll.. @RuriOnline

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca tulisan keren milik peserta nih termasuk punya ane gak ya.. hi hi

      Hapus
  10. Terpaksa mundur karena waktu dan situasi tidak memungkinkan, meski begitu semangat ngeblog tetap harus menyala. Ada lomba atau tidak kita tetap seorang blogger. :-)

    BalasHapus
  11. saya ga gugur lho, cuma "pingsan" sebentar dan sekarang sudah bangun lagi meski agak sempoyongan :D

    @f_nugroho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari bro pegangan pundak ane, bersama sama kita arungi kesulitan ini.

      Hapus
  12. betul sekali mas, banyak ilmu pengetahuan yang di dapat di LBI 2015 ini khususnya saya pribadi, semngat terus sobat blogger :)

    BalasHapus
  13. yang menarik tuh postingan tema karena jadi tertantang untuk membuat tulisan tersebut dan akhirnya bisa nangkring di Headline Blogdetik

    BalasHapus
  14. LBI secara tidak langsung memberi kita ide untuk menambah konten di blog, tau sendiri kan pas gak ada ide sama sekali mau nulis apaan? Berasa gimana gitu.

    BalasHapus
  15. ngeblog rutin itu seperti minum obat lho...

    @nuzululpunya

    BalasHapus
  16. Gak semua kompetisi blog dhitung dari materi. Bukankah kompetisi blog itu utk mencari, menambah, membagi ilmu ya...

    BalasHapus
  17. tetap semangat menulis, gak pernah rugi orang yang menulis.
    karena setiap tulisannya akan mengasah kemampuan berpikir untuk menghasilkan rangkaian kata yang bisa menterjemahkan pengetahuan, perasaan, dsb.

    tetap semangat bloger
    salam hangat

    BalasHapus
  18. wah ternyata gak mudah yaa, perlu perjuangan ekstra. salut buat peserta

    BalasHapus
  19. Salut untuk konsistensinya mbak...
    Tetap semangat ya....

    BalasHapus
  20. best site z7x70y7z65 louis vuitton fake replica bags los angeles replica bags in uk gucci replica r7x14f4j15 best replica ysl bags replica bags from korea hermes replica i4c93h9b07 replica bags china

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship