Kamis, 03 Januari 2013

Dentuman Momentum



Posting di awal Tahun Baru (Masehi) ini akan saya isi dengan hal yang agak dalem (jeru), karena moment tahun baru bisa kita jadikan awal/ pijakan untuk berbuat lebih baik lagi. Setiap manusia membutuhkan suatu hal/ kejadian yang bisa membuat di tergerak untuk melakukan sesuatu, manusia butuh ‘dentuman!’. 

Bisa jadi itu hari khusus seperti tahun baru, hari besar keagamaan, ulang tahun, hari pernikahan, hari orang besar meninggal dl. Bisa jadi setelah mengalami kejadian yang menyenangkan atau menyedihkan, tekad berubahnya muncul seperti ortu meninggal, masuk penjara, dapat penghargaan, di terima kerja, dapat order. 


Teman- teman yang muslim pasti tahu dong, dengan ‘muhasabah’. Yup benar ‘evaluasi’, sebagai seorang Muslim dituntut untuk terus meningkatkan kualitas amalnya. Tanpa muhasabah tidak akan ada peningkatan kualitas amal, sebelum ingin melakukan hal baik/ perbaikan, sebelum kita melompat karena dentuman, evaluasi must dilakukan supaya apa yg akan dikerjakan kedepan bisa tepat, fokus dan MENGGELAGAR!!

Umar bin Khattab, seorang sahabat yang dikenal sebagai Amirul Mukminin pernah mengingatkan umat Islam dengan perkataannya yang sangat populer, “Hasibu anfusakum qobla an tuhasabu.” Hisablah dirimu sebelum kamu dihisab. Mau amalnya di hitung sendiri sekarang atau ntar di pas di Akhirat Alloh SWT memberitahukan kepada kita. Silahkan dipilih

Karena itu, momentum pergantian tahun baru Masehi mestinya dijadikan sebagai sarana untuk muhasabatun nafsi (evaluasi diri) atas berbagai amal yang telah dilakukan, agar kehidupan lebih baik dan bermakna di hadapan Allah SWT. 

Terakhir tidak lupa saya sampaikan pada kesempatan ini (kayak pidato ya) semoga dengan adanya momentum tahun baru Masehi ini menjadikan kita pandai untuk Muhasabah Diri, sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik. Aamiin,,,



5 komentar:

Barusan Pulang

Friendship