Minggu, 30 Desember 2012

Jateng Riwayatku Dulu


Oke nulis about Jawa Tengah sekarang, kalau gak dipaksa ya gak akan coba nulis. Siapa yang paksa zal? Ada deh, mau tahu aja. Seneng sebenernya di kondisi ginian, di paksa, kepepet, deadline, yang pasti ada proses belajar disana untuk lebih baik. Yup, coba deh untuk terus menerus memepetkan diri untuk melakukan aktivitas (yang baik), atau Anda akan terus nyaman dikondisi sekarang.

Lebih dari 1,5 tahun (2004 – 2005) saya pernah bekerja di Ungaran, salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Tepatnya di Ungaran Sari Garment, Karangjati. Selama itu pula saya jarang kemana-mana. Lokasi pabrik yang masuk ke dalam sejauh + 7 Km, kerja 12 jam tiap hari. Membuat hari – hari ku hanya di kost ke pabrik pp, untuk beli sarapan dan makan malam pun kadang gak sempat.

Yang paling di tunggu adalah hari Minggu, tiduran; cuci setrika; ke Semarang dan ke Jogja. Paling sering saya ke Jogja, karena kakak kandung saya tinggal dengan keluarga kecilnya disana. Pulang kerja Sabtu sore bareng teman (kadang naik bis) berangkat ke Jogja. Wuih senengnya, menikmati perjalanan : Bawen, Ambarawa, Secang, Magelang, Muntilan, Sleman, nah Jogja deh. Kadang kami (naik motor) memilih lewat Salatiga, Boyolali, Klaten dan Jogja.



Diperjalanan yang kami lewati, masih asri dengan bahan pohon, tebing dan rumah-rumah sederhana. Bagi Anda yang merindukan ketenangan dan keramahan khas Jawa Tengah, yup hadir aja di tempat-tempat yang saya sebutkan tadi. Mau menginap atau sekedar mampir, bisa anda coba.

Untuk tempat wisata di saya gak begitu hapal namanya. Ada beberapa tempat yang saya kunjungi, misal saat berhenti di alun-alun Magelang, melihat puncak merapi di Selo, candi Prambanan di Klaten, kalo Borobudur udah pada tahu kan, itu masuk Jateng lho – tepatnya di Kab. Magelang.

Saya dan teman dan Atasan, sempet main ke Candi Gedung Songo (kalau gak salah). Wuih bagus men!, disana ada candi, goa dan kawah belerang, walaupun tidak ramai tapi lokasinya sudah tertata rapi. Kangen sebenarnya balik kesana. Nah yang tidak boleh dilewatkan ya harus ke Semarang, ibukota provinsi Jateng. Beberapa kali saya kesana, kadang sendiri, jaraknya + 45 menit dari Ungaran.


Maju dan modern menjadi salah satu ciri khas Semarang, tempat utama yang gak boleh dilewatkan *Simpang Lima. Sore hari bermacam kuliner bertebaran disana, coba deh – 7 hari 7 malam gak bakalan bosan. Satu lagi yang pernah saya kunjungi: *Lawang Sewu, yang belum pernah kesana, saya sarankan untuk datang di pagi atau siang hari. Karena tempat ini misterius, so silahkan anda datang untuk merasakan sensasinya.


21 komentar:

  1. pertamac dulu ya om.
    kok masih umum mbahasnya, jateng

    BalasHapus
  2. JA-teng emang ga ada duanya,.. assik sekali

    BalasHapus
  3. owalah jowo tengah ta mas...
    asalku kui mas....
    Ungaran,,walah mung cedhak kui seka ngumahe mbahku...
    :P

    BalasHapus
  4. wowww jadi pengen jalan2 ke jateng
    tapi ngumpulin uang dulu cz saya tinggal di sumsel, hehe
    tahun 2010 pernahnya ke djogja dan solo :D

    BalasHapus
  5. @rivai : Iya, soale mung 1,5 th disana. itupun memanfaatkan hari minggu yang banyak di jogja.

    @Rahmat : yoi gak ada duanya, satunya Jatim dan Jabar.

    @DIhas : Nah Kowe nang endi, omahe

    @Agung : WAh saya juga di Sumatera, Riau tepatnya

    BalasHapus
  6. bialak kowe yo melu LBI pisan to bro, wah ketok e kowe di kick teko BE goro2 terlalu promo twitter seh, makane admin e gak seneng u terlalu ngartis gitu

    BalasHapus
  7. Jateng saya pernah ke semarang, ke dinkes propinsi jateng.

    BalasHapus
  8. @Rinem : ngono yo nem, sedih juga sih....tapi aku wis add lagi, siapa tahu..

    @jogja : Ha ha kerja tuh bang?

    BalasHapus
  9. Saya belum nyoba ke Jateng... tapi keinginan kesana tentunya ada...

    BalasHapus
  10. gedong songo memang indah banget. cuma kalo siang kerasa panas banget. enaknya di sana pas agak mendung gitu ya Mas..
    lawang sewu juga sensasional banget. dulu pas saya tinggal di semarang (4 tahun di sana), lawang sewu masih dipake buat kantor departemen perhubungan, jadi malah saya nggak sempat rekreasi di tempat itu.

    ahh, memang semarang benar2 indah. di sana juga saya menemukan calon ibunya anak-anak, hehe..

    BalasHapus
  11. Lawang Sewu ya? Hmmm saya belum pernah ke sini. Namun napa juga info tentang Lawang Sewu saya tonton dari acara "DUNIA LAIN" yang seyem seyem ceritanya. Benarkah tempat itu angker?

    BalasHapus
  12. Baca tulisan sobat, jadi kepingin saya ke Semarang. Kalo jawa tengah yang pernah saya kunjungi baru candi borobudur.

    BalasHapus
  13. Aku pengin ke simpang lima, secara banyak pilihan kuliner disana. Insha Alloh jika ada kesempatan untuk berkunjung ke aJawa Tengah, aku sempatkan diri mendatangi tempat itu.

    BalasHapus
  14. @Chaerul : aBang aslinya mana, thanks kunjungan balinya

    @zachflazz : Oiya bener, dulu sempet dipakai kantor dan bank kalo gak salah

    @Asep : Katanya sih gitu, jumlah lawang nya katanya ada 999, nah yg satu itu misteri

    @Anto : Aslinya mana Bang? Kalau borobudur wajib tuh Bang.

    @Rudy : Bener banget, saya baru nyoba 2 tempat he he. Tnggal dimana Bang?

    BalasHapus
  15. aku yo wong jawa tengah....neng urung tau neng lawang sewu....hihihi

    salam kenal kembali mas,dari saya blogger cilacap,jateng.

    BalasHapus
  16. Kepengan neh jj kesana.. tp kantong masik sobek.. hahaha

    BalasHapus
  17. pertama, siapa yang ngyuruh nih?? :D

    keduax...
    hah?? naik motor ke jogja berapa jam???

    BalasHapus
  18. @Reo : surnuwun sampun mampir Mas, Cilacap perbatasan yo mas

    @Risah : Yg nyuruh #ligabloggerindonesia mbak, naik motor dari Ungaran ke Jogja sekitar 2,5 jam

    BalasHapus
  19. berdoa saja semoga mereka mengampuni mu

    BalasHapus
  20. ini acara apa sih?? hiudp jateng ^____^
    .

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship