Senin, 28 Januari 2013

Mimpi Londri


Alhamdulillah setelah 3 bulan yang melelahkan + 2 bulan yang berhenti di tempat, londri laundry akhirnya bergerak kembali. Usaha saya ini memang agak limbung dan akhirnya berhenti setelah ba’da lebaran 1433H , karyawan gak balik lagi. Cari orang pengganti sulit, mungkin gaji yang saya tawarkan tidak menggiurkan walaupun sebenarnya kalau dilihat dari frekuensi pekerjaannya. Rasanya cocok nilai gaji  itu saya berikan, karena  masih belum banyak yang dikerjakan. Bahkan ada hari hari yang libur karena tidak ada laundry, dan kadang malah bersih bersih rumah.

Pengalaman berganti orang hingga 3 kali, telah memberikan pelajaran penting tentang mengelola karyawan. Kalau di Pabrik salah satu karyawan keluar, bisa di gantikan temennya. Kalau di Londri, hal itu nggak bisa cos karyawannya cuma satu. Yang satu nya freelance untuk antar jemput saja. Mau nambah orang gak mungkin, pekerjaan masih belum banyak. Namun usaha ini harus membesar, karena untuk merealisasikan mimpi dan keinginan butuh kesuksesan.


Bagaimana caranya agar usaha saya ini membesar, menghasilkan pemasukan yang berlimpah. Pertama Produk/jasa saya ini harus juara, harus no satu, punya keunggulan – sedikit aneh dan unik itu lebih baik. Orang lain mengganggap gak mungkin dilakukan, tugas kita membuktikannya. Di londri laundry saya memberikan bonus referral bagi pelanggan yang mengenalkan londri ke orang lain hingga 2 tingkat ke bawah.

Kedua Menghidupkan Sistem, 5 tahun kedepan usaha ini harus bisa berjalan sendiri. Saya bisa total melepasnya, bisa berjalan dan berkembang tanpa kehadiran saya. Generatornya bukan saya tapi sistem, agak muluk sebenarnya, tapi pengusaha besar melakukan ini – harus berpindah kuadrant. Nah untuk melakukan hal ini harus melakukan yang ketiga .

Yaitu dijalankan oleh orang-orang yang terbaik, mulai perekrutan musti di cari yang capable artinya fokus pada hasil dan good attitude. Untuk awal usaha memang asal comot, karena londri belum punya nilai tawar. Kalau sudah bisa menggaji setara UMR baru bisa mulai. Peningkatan skill dan attitude saya akan usahakan meningkat terus menerus.

Terakhir adalah menjaga dan meningkatkan suasana kerja yang kondusif dan produktif. Tugas saya untuk membuat ini terjadi, karena  karyawan atau pelanggan yang sudah nyaman dan senang berhubungan dengan kita – sulit berpaling. Bahkan tingkat loyalitasnya lebih tinggi dari gajinya, hal sama juga dirasakan oleh pelanggan londri – karena pelayanan dan hasil yang bagus mereka enggan berpaling.

Nah itu dia 4 pilar yang akan saya bangun untuk membesarkan londri laundry, semoga 5 tahun lagi mimpi ini jadi kenyataan. aamiin

8 komentar:

  1. Wihhh laundry pak rizal.....mau dong dijemput, dapat diskon kan asik asik

    BalasHapus
  2. wah laudry ya, gimana prospek disana. Bukannnya udah berjamur tuh.
    Laundrnya di pinggir jalan atau di rumah..?

    BalasHapus
  3. Kok masih mimpi, bukannya udah jalan ya.
    Memang menguntungkan ya usaha laundry.
    Berkunjung ke Blog ku ya sob

    BalasHapus
  4. @Obat : Thanks atas kunjungannya

    @Dayyinah : Waduh, tempatmu jauh amirrr

    @Desi : Di RUmah Mbak, prospeknya masih terbuka lebar

    @Anton : Maksudnya mimpi saya yag di post chuncking Blogger Bang

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship