Senin, 10 Desember 2012

Hanya 2%


Indonesia membutuhkan buanyak sekali pengusaha/ entrepeneur agar dapat mandiri dan menjadi negara maju. Kata Tokoh, Ahli, Pengusaha dan Pimpinan, Indonesia membutuhkan minimal 2% pengusaha mandiri dari total penduduk. Penduduk Indonesia ini buanyak lho : 250 juta orang, Masya Alloh. Tersebar di ribuan pulau, terbagi berbagai suku, bahasa, Ras dan Bangsa yang berbeda beda. 

Jadi berapa tuh kalo 2%? sekitar 5 Juta lha. Bandingan dengan yg ada sekarang, dibawah 500 ribu. Sedikit sekali memang, kenapa harus berwirausaha karena dari yang saya tahu bahwa wirausaha-wirausaha kita dinilai tahan dengan krisis, meningkatkan kemandirian bangsa dan menarik banyak tenaga kerja. Ketiga pilar tersebut menurut saya sangat amat layak untuk jadi dasar pandangan untuk wirausaha baru.


Bahas dari yang pilar yang terakhir, dengan banyaknya usaha-usaha baru yang muncul, usaha2 lama yang berkembang, usaha2 lebih lama yang membesar. Sangat bisa menarik tenaga2 kerja, jadi pengangguran bisa di kurangi, TKI bisa di kurangi, gaji pasti meningkat, kehidupan menjadi layak, kualitas bangsa beranjak naik sehingga dibutuhkan dan disegani negara lain.

Kenapa bisa seperti itu, dengan banyaknya usaha/ bisnis baik itu produksi atau jasa pasti membutuhkan karyawan, jadi logikanya banyak bisnis = banyak karyawan. Semakin banyak bisnis ya semakin banyak karyawan.Kalau sampai di titik dimana bisnis bisnis kesulitan mencari karyawan, nah saat itulah karyawan harganya mahal. Atau minimal karyawan bisa 'nego' diatas angin dengan pengusaha, apalagi si karyawan mempunyai kualifikasi yang bagus. Hmmmm

Nah itulah jadinya setiap keluarga (karyawan) mempunyai penghasilan yang layak, bisa menabung, konsumtif dan bepergian. Bisa memikirkan kehidupan keluarganya, saudaranya, lingkungannya bahkan bangsanya. Karena kebutuhan pribadinya telah tercukupi, inovasi baru diharapkan muncul dari keluarga seperti ini. Sehingga ya tadi itu kualitas bangsa beranjak naik dan disegani negara lain. Aamiin…..

Untuk pilar yang lain coba saya tulis nanti dikesempatan berikutnya, moga saya bisa dan mampu. InsyaAlloh…

9 komentar:

  1. Bener banget sih,,
    Cuma orang2 Indonesia, terutama pemuda2nya masih takut mencoba karna takut gagal..
    Makanya lebih senang jadi pns yg kerjanya santai gajinya pasti..

    BalasHapus
  2. takut nyoba hal baru,,kurang inofatif,,cenderung terpaku dengan 1 hal,kurang mandiri, kurang perencanaan/planing untuk masa depan jadi ganjal besar sebagia nrakyat indonesia buat ningkatin diri entah itu skill ataupun penghasilan,,cepet mreasa puas,,,apalagi yah,,,,klo maslah bantuan pemerintah hmmm.....udah lumayan sih sbnrenya,,,misal jenis pinjaman KUrs gtu,,yg minim jaminan pun bisa

    BalasHapus
  3. ngomongin bisnis pengen berwirausaha aja biar punya pegawe :D .

    BalasHapus
  4. sip sip semua, udah pada mau coba atau mulai aja.

    BalasHapus
  5. Ane juga pengin berwirausaha kalo bisa yang sesuai dengan hobby biar tambah afdol ngejalaninnya..

    BalasHapus
  6. Berkunjung mas..sekalian silaturahmi..
    kunjungan baliknya di tunggu mas

    BalasHapus
  7. @Beni : enak tuh, sekali dayung 2 sampe 3 pulau terlampaui

    @Migrain : kok tahu saya sering migrain ya

    @supercoolzz : iwak iku mas

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship