Selasa, 10 Februari 2015

Nasionalisasi Konveksi Daerah

Sandang adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, selain pangan dan perumahan. Urutannya menjadi pertama karena jika seseorang tidak mendahulukan sandang (pakaian), maka hilang harga diri di mata manusia. Sehingga kain dan pakaian jadi benda yang paling banyak bertebaran di muka bumi.

Industri pakaian jadi primadona, gak matinya nih bisnis. Anak-anak muda paling favorit jika membuka bisnis kaos dan pakaian. Menjadi agen atau reseller jadi pilihan bagi yang minat berjualan saja. Baju kaos sudah berjuta juta picis diproduksi, dipakai dan diberikan orang lain.

Banyak event yang menjadikan baju kaos sebagai penanda panitia, hadiah, promosi dan kenang-kenangan. Di tiap kota biasanya punya pasar besar yang menjadi pusat jual beli pakaian dan sejenisnya. Seperti Tanah Abang, Pasar Turi Surabaya, Pasar Klewer, Beringharjo Jogja, Pasar Bawah Pekanbaru dan Pasar Johar di Semarang. 

Kalau ingin pesan custom atau sesuai selera harus telaten cari di konveksinya. Di jaman serba jaringan ini, informasi konveksi mudah sekali didapat. Walaupun pembeli ini lebih suka jika bertatap langsung dan melihat kualitas produk serta bisa mengatur detail desainnnya.
Memesan dan membeli baju kaos lebih baik jika bertatap langsung, tapi kalau di daerah kita tinggal nggak ada – online pun jadi pilihan. Saat memesan alangkah baik jika: 
  • Bertanya ke teman mengenai konveksi tersebut,
  • Melihat hasil jahitannya,
  • Pesan dengan membawa contoh kain, 
  • Desain yang jelas-warna dan aksesories, 
  • Membawa contoh detail dan akseosris, misal kerah seperti ini, lengan seperti ini, kantong seperti ini, dll.
  • Minta ke produsen untuk membuat sampel (jika pesan banyak).
  • Tanyakan terus progressnya.
  • DP jangan banyak-banyak untuk bargaining kita, kalau dia wanprestasi.
Bisnis baju kaos yang menasional, pasti berasal dari UKM rumahan. Namun dengan internet, waktu words of mouth bisa di potong hingga dikenal hingga luar kota, luar provinsi dan luar pulau alih alih ke luar negeri.

Kesempatan bagi blogger di daerah, untuk meng’online’kan pelaku bisnis konveksi ini. Dengan blog sederhanan dan menarik, kita membantu bisnis ini menasional. Ada rupiah yang kita dapat dan upah bulanan untuk mengapdet dan merawat blog tersebut.

Seperti salah satu konveksi langganan perusahaan kami ini, namanya ‘Fryda Collection’. Perusahaan kami sering repeat order, artinya kualitasnya terjaga. Kualitas bahan, desain, jahitan dan waktu bisa jadi memuaskan perusahaan kami. Nah saya akan mencoba menawarkannya untuk dibuatkan blog agar bisa lebih menasional... doakan ya ...aamiin.

1
2

3

4

5

8 komentar:

  1. Semoga terkabul mas doanya jadi patner :)

    BalasHapus
  2. iya nih blogger bisa jd patner kerja owner konveksi yah
    saling menguntungkan

    BalasHapus
  3. Kayaknya program saling tukar kaos etnik/ciri khas daerah antar blogger #LBI2015 bisa digagas lho. Kalo ada yang berminat tukar kaos etnik dengan saya silahkan. Usahakan yang berbahan minimal katun jepang ya. Biar nyaman dipakainya.

    Sekaligus menjadi bukti @LBI2015 sukses untuk mengusung tema ini. Bagaimana?

    @nuzululpunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide bagus nih. padahal aku aja ga punya kaos aseli jogja hehe

      Hapus
    2. sama..., aku juga belum punya kaos khas Jakarta nih, hehehe. tapi kalo memang temen-temen LBI mau tukeran ya nanti aku nyari :) @RuriOnline

      Hapus
  4. Woww tipsnya manteb Mas. Memang paling enak klo pesen konveksi bawa contoh bajunya langsung biar gak miss komunikasi sama perusahaan konveksi. Selain itu detailnya bisa dapat :)

    BalasHapus
  5. Semoga semakin sukses Gan Bisnisnya... ane masih pemula dalam bisnis konveksi ini, harus banyak belajar dari pada senior yang sudah berpengalaman dalam bisnis yang sama..
    Salam Istimewa...
    Jual Seragam Olahraga Sekolah

    BalasHapus
  6. artikel nya bermanfaat nih.. terimakasih banyak dan salam kenal dari saya :)

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship