Rabu, 12 Februari 2014

ngEndorse via Selebgram

Laptop jadi tempat hiburan di kost, selain buku dan Al Quran ...cie cie, yang terakhir itu nggak kuat ndengernya. Lagi berusaha bro, menyukai Quran – lha wong kitab yang tiada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi orang yang bertakwa lho – bener kan. Eits tapi saat ini saya pengen menulis tentang aktivitas bersama laptop, karena benda ini jadi prosentase terbesar yang saya pakai saat di Kost selain buku dan Quran.

Habis sholat Subuh, laptop langsung di ON kan. Pagi nih bisa liat TV, nonton video, browsing berita, youtube, nulis blog dan maen game. Ituuu aja tiap pagi, belum lagi malam – tapi kebanyakan aktivitasnya berhubungan dengan internet. Baca berita apa aja, blogwalking, lihat situs yang aneh aneh, media social,,,,, gitu gitu deh.

Dari baca baca itu baru tahu kalo ada namanya twitter artis atau celebgram, akun akun media sosial milik artis, atlet, orang terkenal yang banyak followernya – dijadikan tempat promo. Bukan membayar sejumlah uang untuk ngiklan, tapi memberikan sejumlah produk untuk di testimoni di sosial media tersebut. Nama kerennya  adalah ‘endorse’, banyak dari pengusaha online yang memanfaatkan cara promosi seperti ini – dan banyak yang berhasil walaupun ada juga yang enggak.
 
Satu tahun terakhir ini saya perhatiin akun milik Bambang Pamungkas di @bepe20 kok isinya berita bola aja dari berita satu, ini pasti akun dah di jual. Beberapa seleb dan atlet pun melakukan hal yang sama, ada iklan iklan gitu – ini banyak di twitter sih. Nah sekarang nih media sosial Instagram bergeliat untuk ikutan juga, dimana ada keramaian disitu ada pasar. Ada orang jualan, pedagang paling suka dengan yang rame rame he he.
 
 Nah saat media sosial seseorang banyak followernya, itulah tempat keramaian. Akun akun instagram seperti ini biasa disebut Celebgram, beberapa artis juga sering mengendorse produk produk titipan. Kelebihan Instagram adalah post yang gak banyak, sehari mungkin hanya 3-4 kali. Kalo twitter bisa berpuluh puluh twit, apalagi kalo kita follow ratusan orang.... udah deh banyak yang terlewat.

 
Gimana sih cara kerja endorse di akun celebgram tuh, gini,,, pertama kita musti ngasih produk dan minta di fotoin sama artis tuh – pake gaya lah pastinya dan share di akun sosial medianya. Artis yang followernya ratusan ribu bakalan mention akun Twitter/ Instagram kamu, bukankah itu promosi. Enaknya lagi beberapa artis tidak menerapkan peraturan khusus, ataupun pake pihak ketiga. Bener bener hubungan langsung dengan artis, dan pastikan sama sama menguntngkan. 

2 komentar:

Barusan Pulang

Friendship