Rabu, 04 September 2013

One ASEAN Community

Harusnya lebih banyak Blogger lagi yang ikutan gelaran #10daysforASEAN, selain blogger pun harusnya mengabarkan tentang ASEAN. Karena kawasan ini adalah salah satu yang kondusif dan ingin meningkatkan hubungan untuk kebersamaan. Seperti hasil dari KTT ASEAN ke 22 di Bandar Seri Begawan – Brunei Darussalam pada bulan April lalu.

Disana para pemimpin ASEAN, ingin memastikan proses terbentuknya komunitas ASEAN sesuai dengan jalurnya. Melalui 3 pilar komunitas mereka sepakat untuk melipatgandakan upaya untuk menjamin terwujudnya Masyarakat ASEAN 2015 yang terpadu secara politis, terintegrasi secara ekonomi, budaya harmonis dan bertanggung jawab secara sosial.

Sultan Brunei, Haji Hassanal Bolkiah dalam "Pernyataan Ketua" seusai konferensi menyatakan, pembangunan Persatuan ASEAN sedang dilaksanakan, sekaligus memaparkan prospek Persatuan ASEAN pada tahun 2015, menentukan tindakan dan langkah yang perlu untuk mewujudkan Persatuan ASEAN pada tahun 2015, serta mengajukan target jangka panjang yang diusahakan ASEAN setelah 2015.

Namun tantangan yang paling sulit adalah adanya perubahan besar pada sistem  yang ada saat ini, seperti investasi, transportasi dan bea cukai. KTT juga membahas mengenai isu Internasional khususnya yang berkaitan dengan ASEAN, yaitu Laut Tiongkok Selatan.

Tapi sebenarnya persatuan ini sulit banget untuk dijalankan, menjadikan satu komunitas ASEAN. Budaya, kebiasaan, persaingan dan sengketa yang selama ini bisa menjadi kendala menuju ke satu komunitas. Dibutuhkan effort dan info yang besar besaran untuk mengedukasi masyarakat tujuan tujuan baik komunitas ini nantinya.

*)referensi
  • http://nrmnews.com/2013/04/29/komunitas-asean-2015-adalah-agenda-utama-pada-ktt-asean-ke-22/
  • http://indonesian.cri.cn/201/2013/04/26/1s137863.htm
  • http://www.bt.com.bn/news-national/2013/08/21/asean-not-ready-one-asean-ong

2 komentar:

  1. Semoga negara yang tergabung dalam ASEAN bisa saling membantu sama lainnya agar rakyat dan negara semakin maju dan makmur.

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship