Senin, 30 September 2013

Sifat Sholat Nabi : Part 1

Facebook Notifikasi : Dani Hamdani mengajak anda mengikuti “Sifat Sholat Nabi” di Masjid Umar Bin Khattab. Wah kebetulan nih, pengen banget tahu apakah cara sholatku ini sudah benar. Penasaran sama Ustadz Salafi menjalankan sholatnya, karena saya banyak belajar dari teman-teman Salafi saat menjalankan sholat – tapi selama ini hanya dengan melihat. Hari minggu jam 09.00, saya set ke Car Free Day dulu – karena istri saya favorit banget - baru kemudian ke Pengajian.

Setelah nyampe ternyata terlambat, sudah jam 10.00 tapi penjelasan belum ke inti acara, dan jamaahnya ramai. Dapat tempat kosong ,,,, asyikk, nah ternyata terhalang tiang masjid huuuu. Gpp lah, denger suara aja dan lihat dari kamera shooting he he. Setelah beberapa lama akhirnya bergeser juga, kelihatan deh Ustadznya ngomong. Alhamdulillah terbuka pengetahuan, penjelasannya runut, dari Kitab ini, dinukilkan ini, riwayat ini dan semua didasarkan memang dari sunnah Nabi.

Yuk kita mulai, tapi penjelasan saya nggak pakai dari Kitab mana, periwayatnya siapa, dinukilkan dari mana. Karena saya nggak nyatet sampai sedetail itu, kalau beli rekamannya bisa tahu detail. Dimulai dari niat sholat, dijelaskan bahwa niat adalah urusan hati. Jadi tidak perlu di lafadzkan atau ada lafadz khusus, karena memang Rosulullah nggak melakukan itu. Beliau saat akan memulai sholat langsung bertakbir (mengangkat tangan), seperti misal kita bangun tidur trus merencanakan sholat Subuh – nah itu udah niat.


Posisi berdiri, berilah jarak antar kaki (kita) sesuai dengan ukuran tubuh saja. Karena Rosulullah mensyaratkan lurus dan rapat. Rapat disini adalah tidak ada jarak antara bahu dengan jamaah lain, kalau bisa nempel – karena kalau renggang akan diisi dengan syaithan. Ada yang berpendapat menempel kaki, itu juga bagus tapi kalau ada orang yang risih (karena kurang ilmu) ya nggak usah dipaksain. Kita sudah menyoba dan selanjutnya urusan dia dengan Alloh. 

Saya juga pernah baca salah satu penelitian seorang Profesor di barat (lupa sumbernya), menempelkan kulit kita dengan orang lain akan menyeimbangkan elektron dalam tubuh. Sholat 5 waktu dengan menempelkan kulit kaki antar jamaah bisa menetralisir elektron dalam tubuh di hari tersebut. Elektron akan berpindah ke tempat yg kekurangan, karena sifatnya selalu menuju keseimbangan.

Saatnya Takbiratul Ihkram, kebiasaan Rasul saat takbir ada 3: Mengangkat kedua tangan sambil mengucap Takbir (bersamaan), mengangkat - meletakkan tangan di dada kemudian takbir dan terkahir takbir dahulu kemudian mengangkat tangan. Kita boleh memakai ke tiga cara tersebut, agar mendapat sunnahnya. Sekali waktu memakai cara ke 1, kapan lagi pake cara ke 2 dan ke tiga. 

Bentuk tangan saat bertakbir adalah terbuka, jari tidak merenggang dan telapak tangan menghadap ke kiblat. Posisi tangan saat bertakbir paling rendah adalah ujung jari sejajar dengan bahu dan paling tinggi adalah ujung jari setinggi ujung telinga. Untuk semua aktivitas ini, tidak ada perbedaan antara gerakan laki laki dan perempuan, semuanya sama.

Berikutnya adalah posisi tangan bersedekap dengan tangan kanan di atas (depan) tangan kiri, Nabi juga 3 kebiasaan : pertama tangan kanan diatas lengan, cara ke 2 adalah tangan kanan menggemgam tangan kiri, dan cara ketiga adalah tangan kanan diatas tangan kiri. Ketiga tiganya bisa dilakukan semua, agar kita mendapat sunnahnya. Peletakan kedua tangan tersebut adalah antara pusar hingga di dada.

Nah sampai itulah Pengajian Sifat Sholat Nabi yang diberikan oleh Ust. Abuz Zubair Alhawairi, nanti kalau ada lanjutannya akan saya share kembali.

7 komentar:

  1. Subhanallaah, semoga kita dapat bertemu dengan beliau di akhir kelak nanti, Amiiiinn...

    BalasHapus
  2. terimakasih gan informasinya ini sangat bermanfat sekali dan menambah wawasan kami semua

    BalasHapus
  3. thank you very useful information admin, and pardon me permission to share articles here may help Walatra gamat emas kapsul

    BalasHapus
  4. Thank you very much for sharing this very useful information, I am very happy to have found this information that I have been looking for
    obat penghilang benjolan dibawah rahang

    BalasHapus
  5. The post is written in very a good manner and it contains many useful information for me
    cara menyembuhkan kanker prostat

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship