Senin, 22 Juli 2013

Kehidupan Dimudahkan Doa Dikabulkan


Selesai sholat dhuhur paling enak leyeh – leyeh (duduk bermalas-malsan) dulu, apalagi kalo telentang sampe ketiduran huiiii enyakk… tidurnya orang berpuasa itu berpahala lho. Walaupun sebenarnya gak enak juga kalo catatan amal kita di bulan Ramadhan di dominasi oleh pahala tidur, hi hi hi malu. 

Diantara  obrolan disana, ada celetukan salah satu teman “puasa tahun ini terasa nggak berat, saya bisa nahan”. Benarkah sih kondisi Ramadhan tiap tahun berbeda, harusnya sih enggak. Tapi keimanan kita saat menjalani Ramadhan yang terus berubah, ke lebih baik pastinya. Mustinya tiap tahun Ramadhan dijalani dengan lebih baik.

Kalau pendapat teman saya tadi, bahwa enggak berat menjalani puasa. Karena yang ditahan hanya haus dan lapar, sedangkan sebagaian besar waktu kerjanya duduk di depan komputer, di ruang ber AC, kemana-mana pake kendaraannya ber AC, bahkan saat berbukan puasa tiba, rasa haus pun masih belum terasa. Tapi coba kalau orang yang kerjanya dilapangan, kerja fisik, dibawah matahari, keringat bercucuran, udara penuh polusi. Dijamin deh keinginan untuk menyeka dahaga jadi lebih tinggi. 

Padahal sebenarnya kita tahu, bahwa perintah Shaum adalah untuk menahan hawa nafsu bukan hanya lapar dan haus. Jadi apa dong hawa nafsu yang di lawan teman saya itu? nih ada beberapa: Menjaga pandangan mata, berbicara dan mendengar yang baik saja, menurut saya itu sudah cukup berat. Karena kadang nggak kerasa, hal itu telah dilakukan. Tiba tiba catatan amal puasa hilang aja hadehhh.

Mengapa ya kita musti menahan hawa nafsu? seperti perintah shaum di QS Al Baqarah 183, yaitu agar kita menjadi menjadi orang yang bertakwa. Setiap jumat udah sering kan menerima khotbah mengenai takwa ini. Dengan menjaga hawa nafsu, ibadah dan amalan baik bisa kita lakukan dengan mudah dan rutin. 

Dengan takwa ini artinya kita menjaga dan memelihara hubungan baik dengan Alloh. Dengan menyakini bahwa Alloh dekat, mencegah kita untuk berbuat dosa dan tega melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri serta orang lain. Menjalani amalan sholeh, melakukan perbuatan baik dan ibadah rutin jadi lebih mudah, sehingga kehidupan kita dimudahkan doa-doa juga dikabulkan.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship