Senin, 11 Februari 2013

Donasi Inspirasi



Kali ini saya akan berbagi mengenai kegiatan Kelas Inspirasi. Acara ini adalah sebuah gerakan dari Program Indonesia Mengajar yang di gagas oleh Bapak Anis Baswedan dan kawan kawan. Acara Kelas Inspirasi ini saya lupa tahu dari mana, tapi setelah baca baca tertarik juga. Langsung isi form pendaftaran yang banyak banget pertanyaannya dan essay lagi.

Karena Excitednya saya dengan gerakan ini, saya cari informasinya di laman laman web atau blog, tulisan atau video saya download semua. Dan Alhamdulillah di awal Februari, saya di terima sebagai salah satu dari 60 relawan lain untuk kota Pekanbaru, dengan syarat mau cuti pada hari Inspirasi. Dan di hari Sabtu 9/2 kemaren, briefing awal dilaksanakan. 

Dari informasi yang saya baca di web kelas inspirasi bahwa gerakan ini akan serentak dilaksanakan pada tanggal 20 Feb di enam kota besar. Hari Briefingnya pun sama, hanya jam pelaksanaannya yang berbeda dan dari timeline @kelasinspirasi – acara Briefing di berbagai kota sangat ramai dan  menarik.


Di acara Briefing tersebut di jelaskan bahwa Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang memberi pengalaman mengunjungi dan mengajar sehari pada beberapa SD dengan muatan Inspirasi dan Informasi tentang berbagai profesi. melalui Kelas Inspirasi, Indonesia Mengajar ingin mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia.

Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita cita serta menjadi termotivasi untuk memilki mimpi yang besar. Dan bagi para relawan disamping pengalaman mengajar juga membangun sensitivitas mengenai kualitas pendidikan serta meningkatkan semangat volunterism.

Dari beberapa acara voluterism yang saya ketahui, mungkin ini salah satu yang hampir 75% bener bener kegiatan sukarela. Istilah dari Bapak Anis Baswedan adalah donasi, donasi waktu, tenaga, pikiran. Kita satu tim diminta untuk diskusi dengan perwakilan sekolah untuk merencanakan acara di hari Inspirasi. Cek lokasi sendiri, berangkat acara sendiri, urusan perut pasti sendiri, peralatan juga sendiri. 

Lha wong ternyata panitia ini juga sukarela, saat siang hari mereka juga bekerja. Owalah, jadinya kita berusaha untuk menguatkan diri, yuk sudah terlanjur basah – nyebur aja. Tim saya terdiri dari 8 orang dengan berbagai profesi, ada jurnalis, guru, perawat, publik speaking, karyawan pabrik dll. Semoga saat hari Inspirasi nanti bisa lancar jaya sembada….


*)hasil Kelas Inspirasi saya bisa di tengok disini 'Renungan Kelas Inspirasi'

14 komentar:

  1. .. wachhh,, kayaknya seru ya kalo jd sukarelawan gitu. kita dapat menyumbangkan ilmu n mendapatkan pengalaman gitu. oia kira^ itu berjalan selamanya ato dalam jangka waktu berapa lama tuch?!? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya satu hari, karena kami harus bekerja juga. Untuk jangka waktu yang lama, nama programnya Indonesia Mengajar...sila cek websitenya

      Hapus
  2. ahhh mau juga,,, pengen ikutan acara gituan *mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget ya....harus sering sering ngenet nih. soale saya juga lupa dapat info ini dari siapa.

      Hapus
  3. seru banget kayaknya acaranya tuh..hehehe

    BalasHapus
  4. Sukarelawan adalah pekerjaan mulia. . .

    Btw, thanks atas bantuan di OpMyanmar. Bantuan sobat sangat berharga bagi kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mulia dan masuk sorga,Opmyanmar akan coba saya jalankan teruss

      Hapus
  5. kayaknya asyik juga..., belajar dan mengajar...

    BalasHapus
  6. wahhh...gerakan yang bwemasyarakat...perlu di dukung penuh nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sob, kamu harus ikutan..... peduli dengan pendidikan.

      Hapus
  7. hal terpernting dalam hidup adalah belajar

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship