Senin, 03 September 2012

Menemukan Daging Blog


Walah walah…’Daging Blog’ what is this? Is this dahlia! Kalimat ini biasa diucapkan Tukul di acara Bukan Empat Mata… anda termasuk yang suka atau yang enggak dengan acara ini? Acaranya memang menghibur tapi manfaatnya dikit he he. Hiburan dan manfaat, akhirnya bisa dipisahkan- Saya sempet baca-baca artikel mengenai menulis di Blog. Penulis mengatakan bahwa content (tulisan) adalah dagingnya blog, wah wah bisa di goreng ya. 

Daging itulah yang banyak dikonsumsi (ini ngomongin ternak lho), jadinya ‘daging’ di blog harus banyak – bagus – berkualitas – indah – bermanfaat. Karena daging hampir memenuhi tubuh ternak sesudah air/cairan dan daging pula yang bisa + banyak dikonsumsi.  So..to ayam (haiyah), tulisan di blog sedikit banyak harus menyerupai ‘daging’.

Trus gimana supaya ‘daging’ ini disukai orang, ada caranya dong. Tapi sebelum ke sana, saya kasih tahu gimana supaya bisa buat tuh ‘daging’. Setelah sekian melakukan proses tulis menulis, ngblog, review, akhirnya saya kembali lagi ke jaman SD - jadi berasa tua yak. Apa yang kembali?, cara membuat tulisannya atau di SD disebut menggarang. Para Guru SD pasti mengenalkan ‘kerangka karangan’, jadi point point apa saya yang akan ditulis. Supaya struktur karangan murid jadi baik dan runtun bercerita serta tidak ada yang terlewat.

Dan memang cara itu lebih enak lho, di 3 postingan terakhir ini saya pake model kerangka karangan. Walaupun gak rapi bener, jadi ide ide yang mau saya bahas ditulis kan + fokus tulisan + tambahan tambahan yang ingin di bahas nantinya. Cara ini lebih bermanfaat, apalagi jika dalam satu postingan berisi lebih dari 1 tema. Karena kadang model tulisan kita berpindah tema .


Nah itu salah satu contoh kerangka karangan saya, sederhana kan – tapi itu sangat membantu lho. Ide ide itu bisa dikembangkan sesuai kemampuan dan pengetahuan masing masing orang. Supaya kemampuan dan pengetahuan meningkat, musti sering latihan, banyak membaca dan mendengarkan. 

Supaya bisa cepet bisa deh gimana caranya? Paling enak bercerita pengalaman anda, karena itu yang anda ketahui. Iitulah alasan mengapa seseorang memiliki blog atau website: untuk menuangkan apa yang dia ketahui, alami, pelajari, kembangkan, atau bahkan mungkin dia buat. Anda pasti mengetahui, mempelajari, dan menguasai sesuatu. Berangkatlah dari itu, menuliskannya, tidak akan ada kesulitan berarti dan justru akan sangat menyenangkan. Kalau alasan saya punya blog karena suka dan tahu pentingnya menulis, sehingga blog menjadi pemaksa supaya skill ini bisa terjaga.

narsis
Supaya tulisan menjadi rame, panjang dan detail, anda bisa mengumpulkan informasi dari blog atau web lain (dengan tetap mencantumkan sumbernya) untuk memperkaya tulisan anda. Semakin kaya isi tulisan anda semakin tinggi juga kualitasnya, ‘daging’ nya, jadi bener bener enak – pasti banyak yang suka. Buat pemula ini sulit dilakukan (saya juga), kalo dipaksakan bisa bisa produktivitas menulis anda rendah. Karena harus memastikan semuanya perfecto!.

Supaya blog anda ‘gemuk’, anda harus banyak menulis – kualitas bergesar sedikit berganti dengan kuantitas. Karena semakin banyak pengunjung berpindah-pindah tulisan, pageviews meningkat sehingga kemungkinan terindeks ke mesin pencari lebih tinggi. Siapa sih yang gak pengen lebih dikenal banyak orang dan diakui keberadaannya? But jangan sampai dengan ‘kuantitas’ tulisan anda menjadi asal asalan, sama aja orang gak mau kembali ke web/blog anda.

Minimal ditulisan anda ada sedikit pesan moral atau sesuatu yang bisa diambil atau dipelajari, sehingga pembaca bisa belajar atau teringat lagi dengan hal baik yang ditampilkan di tulisan anda.

Bagi-bagi ebok lagi, yuk bagi pengunjung setia Blog Sing Biasane. Tulis ebook pilihan dan alamat email di box komentar, pasti akan saya kirim secepatnya.

Majalah Detik
Trik Menulis Blog
Sample Tafsir Almuyassar





3 komentar:

  1. Setujuu ommm ...
    :D
    Ibarat menjajakan daging, Kita harus nyuguhin daging yang baru dan kental rasa daging.
    Bukan daging berformalin yang berasa daging vegetarian yang terbuat dari sayur,, :D

    BalasHapus
  2. pangilah awak ini mas atau abang, kalo om berasa dewasa aja *berasa tua dinng

    BalasHapus
  3. Baru tahu kalo blog ada dagingnya.

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship