Senin, 27 Agustus 2012

Hari Bersalam Salaman

Wah Hari Raya lagi…… Kupatannnnn . Di beberapa daerah seperti Madura, Kolaka, Jombang, Bangkinang dan sebagian besar daerah di Indonesia  melaksanakan yang namanya lebaran ketupat. Ini nama menurut saya karena disetiap lebaran pasti ada makanan dan makanan wajib (yang sekali lagi) di sebagian daerah di Indonesia adalah Ketupat. Entah entar edipasangkan edengan elauk eapapun (edisi ‘e’), epasti enak. Lha wong pengganti nasi dan terbuat dari beras juga, kayak lontong dah (beda bentuk)

Trus kenapa ada lebaran ketupat yang waktu pelaksanaannya di 6 hari setelah Idul Fitri, nah dari pantauan tim kami di lapangan. Kebiasaan ini terpengaruh oleh rajinnya umat muslim Indonesia jaman dulu untuk melakukan puasa 6 hari di bulan syawal dimana waktu pelaksanaannya adalah 1 hari setelah Idul Fitri (2 Syawal). Yukk yang mau melaksanakan amalan sunnah ini, Allah menjanjikan pahala puasa setahun penuh – keren apa keren?

Selama seminggu itu (lagi lagi) sebagian besar masyarakat berkunjung antar saudara, tetangga, handai taulan dan pastinya ke kedua orang tua. Silaturahim massal terjadi dimana-mana dan lalu lintas peredaran maaf menjadi cukup tinggi. Namun tidak menyebabkan macet tetapi malah membuat jiwa jadi plong.

Silaturahim banyak keutamaannya, secara logika aja kita orang pasti udah pada tahu dan merasakan ini adalah perkara yang baik. Nabi bersabda: “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim”. Rizalarable juga merasakan dilapangkan rezeki dari silaturahim, pertama saya dapat pinjaman pompa air (kebetulan punya saya rusak) karena kebetulan teman saya punya spare, kedua tambah teman yang sama-sama satu daerah (Surabaya), ketiga dapat job -  ngeblog untuk salah satu di TK Pekanbaru.. yuhui. 

Saya juga sempet nyesel gak silaturahim ke teman yang baru dikaruniai anak dan yang ayahnya meninggal, siapa tahu dapat pahala panjang umur.

Di hari minggu  akhirnya terbeli juga buku yang rizalarable pengenkan pas Ramadhan kemaren, cracking enterpreneur dan naik haji… sama seperti keinginan saya jadi enterpreneur kemudian berangkat haji… kabulkanlah ya Alloh aamiin. Untuk buku saya usahakan bisa membeli setiap bulan, karena awak suka baca dan senang mengkoleksi buku. Koleksi buku bisa menggantikan aksesoris pajangan rumah lho, lebih bermakna dan bermanfaat.

Tahun ini saya dan istri mencoba untuk berlebaran sendiri, ini karena keterbatasan budget kami. Jadi istri saya aja yang mudik, saya tetap di rumah dengan kerjaan seabreg. Tapi ternyata lebih banyak gak enaknya sendiri-sendiri, ya iyyalah ngapain juga ada pernikahan.

Di bulan syawal ini saya bisa sebut sebagai hari bersalam-salaman, karena setiap orang bertemu pasti salaman. Gak ngucapin apapun yang penting salaman, salaman bisa mempererat silaturahim. But hari-hari berikutnya salam dan salaman harus terus ditingkatkan ya prend. Supaya rezeki mendekat, umur bermanfaat… aamiin.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship