Minggu, 23 September 2012

ilmu Jin di Garuda Indonesia

Ini posting situasinya hampir sama dengan posting minggu sebelumnya, yaitu di dalam pesawat. Yang membedakan airline dan tujuannya – tapi itu gak penting banget. Yang penting isinya…..ceritanya lah, begini situasinya :tepatnya saat perjalanan pulang kampung lebaran, istriku duduk bersebelahan dengan orang yang beragama Nasrani. 

Awalnya tanya-tanya mengenai puasa, “puasa berapa jam mbak… bisa kuat ya mbak…  kalo enggak sebulan gimana, dan bla bal alb abl….”. Pertanyaan ini bisa terjawab, dengan tidak ada feedback dari penanya – artinya dia faham. *Pramugari selesai menjelaskan cara penyelamatan darurat

Kemudian pertanyaan sesi 2, nah malah kayak kuis?? Si teman Nasrani (udah kenalan, so jadi teman) menanyakan beda Setan, Iblis dan Jin, pastinya menurut Islam dong. Nah di pertanyaan ini istri saya gagal memberikan jawaban yang baik (padahal pertanyaan ini bernilai 250rb…nah loh) dan malah teman Nasrani memberikan penjelasan dia … ngeTes doang dong. 

“Sebenarnya 3 mahkluk tadi itu gak ada, yang ada hanya Malaikat” teman Nasrani mulai berargumen “ Buat apa Allah menciptakan setan yang akan membuat manusia berbuat buruk”.  Lho bukan….ll …nggak gitu mbak ll …tapi pak ll tadi udah saya jelasin… ll menurut saya ll dung ll trang ll jleng ll takk ll terjadi debat kecil yang kelihatannya sama-sama gak puas.

“Nah gitu ceritanya Kang, menurutmu apa beda jin, setan dan iblis” tanya istri ke aku, “yoo jelas beda tho… Jin itu ada yang baik dan buruk, setan itu kata sifat aja, kalo iblis itu jin yang buruk” jawabku dengan tenang. “lha kalo Jin yang baik apa? Malaikat?” ….”errrrhhh …ya Jin”. Kemudian terjadinya debat kecil itu : klong ll creng ll dank ll pyar ll jruot ll boom ll … wis dari pada pada gak jelas. Langsung tanya ke Mbah….. Google,  gat yah!

Wuih dapet banyak, waduh waduh banyak kali ya….. ternyata. Aku aja yang nggak pernah baca, ilmu segini banyak. Hmmm …. Hmmmh…. Hmmm *lagibaca…hmm… (manggut manggut)….. hmmm *agakpening …….hoamm…. *mulai capek …huk huk… Dag! Aduh *palakebenturlaptop. Selesai 5 artikel dan jurus meringkas mulai digunakan, ambil yang penting yang sama, rangkai dengan kalimat….breb breb tak des tak des!.

Jadi gini istriku….ya khumairo (ciyeee), istri *ambil buku dan pena. Aduh gak usah di tulis kali dengerin aja, istri : “ini buat ngemplang kamu kalo kamu bercanda aja dan gak mulai mulai!”. Oke…oke, begini : tidak ada satupun muslimin yang mengingkari keberadaan Jin, Setan dan Iblis. 

Mayoritas kaum kuffar juga menyakini adanya hal ini sebagaimana ahli kitab di kalangan Yahudi dan Nasrani mengakui eksistensinya. Karena itu temen Nasrani menanyakan hal ini,  Kalimat Jin, Setan dan Iblis seringkali disebutkan di dalam AlQuran – sehingga mayoritas muslimin tidak asing dengan istilah ini. Tapi kalo diminita menjelaskan mayoritas pula pada bingung *likeme.

Saat ini saya juga bingung, karena itu saya mundur 5 langkah deh untuk dari aktivitas mencoba menjelaskan atau meringkas dari apa yang saya baca tadi. Ilmu dan pemahaman saya belum bisa mencapainya, bingung dan mbulet. 

Saya jadi merasa malu tapi tertantang untuk mendalaminya. So sebagai umat islam jangan mau jadi muslim dodol, harus banyak belajar. Nggak ada yang tahu lho, si teman Nasrani tadi jadi menyakini Islam dengan penjelasan kita. Yuk bersama kita reguk samudra ilmu yang membentang ini.

Cek this site:
http://situs-lakalaka.blogspot.com/2012/07/mengenali-perbedaan-jin-setan-dan-iblis.html
http://www.wattpad.com/2513170-beda-jin-iblis-dan-setan
http://adehumaidi.com/islam/apa-perbedaan-iblis-setan-dan-jin
http://www.konsultasisyariah.com/samakah-antara-jin-setan-dan-iblis/#axzz27F1o6hV2
http://qurandansunnah.wordpress.com/2009/07/09/mengetahui-perbedaan-antara-jin-setan-dan-iblis/

3 komentar:

Barusan Pulang

Friendship