Jumat, 25 Oktober 2019

Memulai Makanan Sehat

Sekali waktu saya ngobrol dengan salah satu security pabrik, obrolan kita saat itu tentang makanan sehat. Pak Bambang menanyakan mengenai WA story saya yang sering upload gambar makanan sayur dan buah. Yes sejak Ramadhan istri memulai mencoba untuk mengkonsumsi makanan sehat, mengurangi makanan yang kurang sehat. Belajar dari Ustadz Zaidul Akbar dengan Jurus Sehat Rasulullah – nya.

Kami memulai ini dari bulan Rajab, puncaknya saat Ramadhan, sahur 30 hari full hanya dengan buah. Alhamdulillah puasa bisa dijalani dengan baik2 saja, laper ya pasti namanya juga puasa, tapi nggak sampe lemes2 amat lah. Makan Nasi di buka puasa, itupun setelah sholat maghrib, atau isya, itupun hanya sedikit. Kami sudah bisa menghadang mindset bahwa makan harus nasi, tanpa nasi pun seharian kami juga bisa.


Ini semuai karena ilmu yang merubah mindset kami, istri saya rajin mendengarkan dan membaca penjelasan dari dr. Zaidul, saya hanya cukup disampaikan dan disiapkan saja he he. Secara teori memang benar, gak ada lagi makanan olahan di dunia ini yang tidak mempunyai efek samping, bahkan bisa dikatakna ‘beracun’. Sehingga kita harus bener-bener memilih apa yang masuk ke mulut kita, memang sulit sebenarnya. Cara mudahnya adalah memilih makanan yang belum di olah, atau biasa di sebut produk Allah dan apa yang dicontohkan Rasulullah.

Misalnya buah-buahan, sayur mayur, nasi merah, nasi hitam, daging, ayam, ikan, palawija, biji-bijian, kacang-kacangan. Walaupun kadang bahan makanan itu, ada yang mengandung zat kimia yang ditambahkan, minimal kita sendiri yang mengolahnya. Kurangi makanan jadi, snack, gorengan, minuman ready to drink. Cara pengolahannya pun sebisa mungkin jangan di goreng, lebih baik di panggang, oven dan terbaik adalah di kukus.

Nah sekarang-karang ini kalau sarapan kami usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat, khususnya sarapan, bisa tanpa nasi, kukusan, sayur aja, buah aja. Siangnya saya ikutan makan di kantor, malamnya istri biasa menyiapkan infus water, air biji-bijian dan makanan sehat lainnya. Yuk ikutan mencoba, caranya adalah cari ilmunya dulu, karena dengan ilmu akan merubah mindset, dan mindset itu yang akan menjaga konsistensi kita.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship