Kamis, 01 November 2012

Selesai Liga Blogger

  
Selesai sudah gelaran #ligabloggerindonesia , kaget sekaligus bangga pas lihat jumlah postingan di Blog Sing Biasane di bulan Oktober.  Wuik wuik 14 post telah saya publish ya ya ya *dengan senyum mengembang – liat aja jumlah post di bulan yang lain, jauh banget.  Minggu ini juga saya coba untuk posting 2 kali, hari Senin dan Kamis.

Selama satu bulan (Oktober) 
ikutan Liga Blogger Alhamdulillah target jumlah postingan bisa diselesaikan, posting tema juga dilahap, posting tantangan bisa di lewati. Point jumlah post harusnya maksimal  nih but not like that, saya sudah membahasnya di gratis kok mau selamet

Satu lagi nih problem saya, point untuk komentar tidak kunjung datang. Hmmm artikelmu gak menarik zal? Enggak juga ; kurang promosi kali? Bisa juga sih ; mungkin mereka gak tahu cara komentar di blog? Itu juga. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan postingan saya sepi komen, namun yang paling dasar adalah, karena selama ini saya ngeblog gak terlalu nggoyo untuk dapetin komen. 

Banyak yang berkunjung aja udah seneng, beberapa lomba pun banyak yang berlabel SEO atau Trafic. Seberapa populerkah postingan kita dan masuk di pejwan (page one) daftar pencarian google. Tapi di Liga Blogger beda, bukan populer/ banyak dikunjungi – melainkan produktivitas dan menarik serta networking pastinya.

Selain meningkatkan produktivitas peserta, kemampuan promosi jadi meningkat. Karena mau gak mau saya harus bisa mendatangkan orang untuk sekedar komen, dan komen sekedarnya.  Traffic dapet, masukan dapet, blog rame banyak yang bahas tambah rame…wih asyikk.

Salah satu cara untuk bisa mendatangkan orang/ blogger adalah dengan blogwalking. Ini ilmu lama banget, tapi gak saya lakuin dengan bener. Ternyata sesama blogger tuh punya ‘sense of belonging’, iki opo. Pokoknya gini, kita komen di blog orang, dia pasti datang ke blog kita. Hampir 90% seperti itu, karena saya juga gitu – saya datang balik. Selain membalas komen, siapa tahu ada informasi baru.

Nah itu dia kesan positif ikutan liga blogger, yang buat kecewa juga ada. Udah saya tulis sih, karena ada beberapa point yang menurut saya dapet tapi gak dicantumin. But doesn’t matter, pertama ini gratis, kedua banyak manfaat daripada mikirin itu. So katanya bulan Desember akan dimulai lagi, bersiap diri aja. Posting 2 kali perminggu dan rutin blogwalking 5 komen tiap hari. Watchaaaaaa…….

13 komentar:

  1. Hehe.. bener banget ternyata susah2 gampang, untuk mendapatkan pengunjung. apalagi minta mereka komentar. Terutama buat blogger baru seperti saya yang masih blm punya ilmunya dan belum byk blogwalking. Salam kenal ya :)

    BalasHapus
  2. @catcil: Salam kenal juga bang catcil, yuk sama sama blog walking

    BalasHapus
  3. kita
    komen di blog orang, dia
    pasti datang ke blog kita. Hampir 90% seperti itu,
    karena saya juga gitu –
    saya datang balik.
    SEPENDAPAT..

    Ada karakter yg beda antara blogger berbasis xtgem atau mywapblog. Mrk sudah membiasakan blogwalking antara mereka.
    Berbeza dng bloger basis blogspot ato wordpres. Kalangan ini, biasanya mau komen kalo blog yg di kunjunginya punya pr google dan alexa bagus.
    Krn banyak sekali artikel yg menyarankan seperti itu..

    Nah dari sekarang, mari kita budayakan saling mengunjungi dan sekedar bersapa.
    Bagaimana, SETUBUH ??
    Salam bloger.

    BalasHapus
  4. terkadang ada yg diabaikan dari berkomentar yg baik dan benar.. :) memanjakan pengunjung sudah menjadi kewajiban..

    BalasHapus
  5. Saya setuju sama mas Rizal (Sebelumnya kenalkan saya Plagiart)..saya punya blog juga tidak mengharapkan banyk Komentar atau pun menjadi Number One di Google...ya kalo pun menjadi Number One di Page Google..its Alhamdulilah..heheheheh BTW mas Rizal Di PKU di mana..? #saya Orang Pekanbaru

    BalasHapus
  6. @longtrx : Setubuhhhhh.., ngomong ngmong xtgem dan mywapblog apa ya? tak paham awak
    @ Pasnem : Dalem banget nih komennya, suwun
    @ Plagiart : saya di jl. Pasir pUtih, abang dimana?

    BalasHapus
  7. xtgem ato mywapblog, bloger versi wap. Sob.
    Kalo kita kan, nama.blogspot dot com.

    Kalo xtgem ato mywapblog
    Nama.xtgem dot com ato nama.mywapblog dot com.

    Eh, rupa2na di pku tah sang owner..
    Kpn2 sua sob.
    Jl pasir putih, sekitaran pandau kah? Ato dkt2 buluh cina ?

    Awak di simp panam, jl garuda sakti km 3. Perum pujangga sob..

    BalasHapus
  8. @longtrx : Ciahh, PKU juga. mudah-mudahan kita bisa ketemu
    @mas fath : suwun mas, wis mampir.

    BalasHapus
  9. wew, ngepost senin kamis, kayak puasa aja mas,,ckck
    tetap semangat ngeblognya, komentar itu penting loh buat menilai gmn tulisan kita. Biasa aja, bagus, banyak yg setuju atau malah jadi perdebatan. Dan itu yg mnjdi pmacu semangat jta sbg blogger :)

    BalasHapus
  10. Oh ini yang masih peraturan lama ya, setiap posting minim mendapatkan 5 komentar.
    Hmm.. kalau trik saya sih sama lah seperti teman-teman dan Mas Riza sendiri,banyak-banyak BW, gitu aja..

    BalasHapus
  11. saya ahirnya menjadi tahu tentang liga bloger ini,dan bagaimana kompetisi itu berlangusng.Saya pertama kali mengira liga bloger itu permainan sepak bola yang di lakukan oleh antar bloger di dunia maya hehe

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship