Kamis, 22 November 2012

Memilih Takdir

 
Di Pabrik nih kalo sedang BAK (Briefing Awal Kerja) pagi, seringkali mendengar pemahaman mengenai takdir atau pilihan yang (menurut saya) agak kurang benar. Aduh berbelit kali kata underline tuh, karena saya takut salah juga sih “Semoga Alloh menunjukkan kebenaran bagi kita semua”. Beberapa staff pernah saya beri penjelasan secara langsung, ini lebih mengena.

Disalah satu episode chatting dengan YM, Ust. Yusuf Mansur pernah menjawab pertanyaan mengenai takdir. Alloh telah memberikan banyak pilihan ke umat manusia, buanyak bahkan sangat banyak. Dan di setiap pilihan ada hasilnya masing-masing atau kita sebut takdir. Nah kalo kita telah menetapkan satu pilihan dan takdirnya terjadi – itu yang dinamakan Qada’.

Namun jangan salah lho, di atas pilihan ada pilihan dan ada pilihan lagi. So, jika hari ini saya memilih tidak masuk kerja, takdirnya adalah: gaji saya dipotong, saya bisa istirahat dirumah, keputusan di Pabrik agak tertunda, banyak informasi karena bisa lihat TV. Apakah akan terjadi takdir di atas/ menjadi Qada’? enggak juga lho.

Coba ya satu persatu : pagi - pagi saya menghubungi atasan untuk ijin potong cuti hari ini, ternyata saya memilih nonton film dan maen PS, Staff saya selalu berhubungan untuk menanyakan keputusan/ pertimbangan, saya kan gak liat TV – saya liat film dan maen PS. Dan cabang pilihan luebih banyak sebenarnya, dengan jumlah takdir yang berkali lipat.

Bayangkan saja sekarang, saat Anda selesai membaca post ini. Anda bisa melakukan apa saja, saya yakin ada sekitar 100 pilihan aktivitas yg bisa dilakukan dengan harapan takdir yang bisa Anda bayangkan juga. Salah satunya Anda bisa memilih memberikan komentar pada box dibawah, walaupun nanti mungkin : comment anda ditolak blogpost, saya abaikan, saya gak kunjungan balik, dll. Tapi minimal itu hal baik yang bisa anda lakukan, yakin deh menanam kebaikan tumbuhnya juga kebaikan – ini janji Alloh SWT.

19 komentar:

  1. kl gue yakin aja kl smua yang gue pilih udah diatur Tuhan :|

    penutupnya modus bgt. wkwk xD

    BalasHapus
  2. Gue yakin di dunia ini ga ada yang kebetulan :|

    BalasHapus
  3. oke mulai besok saya menanam kebaikan

    BalasHapus
  4. bener pak, bukan cuma 100, ribuan mungkin yg bisa kita lakukan. cuma pilih yg bener2 terbaikdan bermanfaat aja untuk dilakukan terlebih dahulu. misalnya tidur hahahah

    BalasHapus
  5. Yah .. Ini tulisan agak berbobot sebenernya ..
    Kalo gue selalu berpikir semua yg gue alami itu kebetulan dari tuhan ..
    Kebetulan yang udah tuhan rencanakan buat gue :)

    BalasHapus
  6. @ArRoyan : SAma sama, saya juga belajar

    @Saico : Tuhan memberikan banyak pilihan brur, hasilnya juga disiapkan. Manusia diberikan kebebasan untuk memilih, coba deh sekarang pukul teman sebelah. Pasti temenmu akan balas atau bakalan marah.Atau kamu pilih temen sebelahmu itu kamu beri kue atau pujian, nah tahu kan apa hasilnya....

    coba lari di link post ini:
    http://www.singbiasane.com/2011/10/ini-bukan-kebetulan.html

    BalasHapus
  7. It dia, trkdng kta yg slah mmilih,
    hhm entah lah, sulit tuk dsmpaikan.

    BalasHapus
  8. @Eva DIna : Sipp, bahkan keberuntungan pun itu bukan kebetulan. Kita sendiri yg memilih untuk menciptakan keberutungan kita, kalau dulu gak milih belajar blog. Yo gak akan menang kontes blog.

    @Rinem : jolali disiram dan di pupuk rutin

    @Yoga : Tets ret, tidur yo secukupnya kan.

    @edotz : Rahmat Alloh tercurah pada orang yg selalu beribadah (berbuat baik), kalo itu nggak kita lakukan - kebetulan itu sulit akan datang.

    BalasHapus
  9. setuju banget sama yang menanam kebaikan pasti dapetin kebaikan :)

    takdirku, aku pilih yang sesuai yang ditakdirin Tuhanku :D

    BalasHapus
  10. ^_^ Begitulah hidup,,
    Apa yang kita perbuat kita yang menerima,,
    Apa yang kita tanam, kita juga yang memetik hasilnya,,
    Takdir memang udah tuhan yang mengatur,,
    setidaknya kita udah usaha .. :)
    Have a nice day om,,

    BalasHapus
  11. Yang menentukan takdir itu adalah manusia itu sendiri dan Tuhan :D

    Saya setuju dengan pendapata " yakin deh menanam kebaikan tumbuhnya juga kebaikan – ini janji Alloh SWT". Jadi bila baik akan dibalas dengan kebaikan, bila buruk akan dibalas keburukan :)

    BalasHapus
  12. @Iva : sipp, pastikan pilihanmu adalah yg terbaik

    @Ahmad : Tuhan memberikan pilihan dan takdirnya, kita yang pilih. Setelah itu rahmat Allah bertaburan di kehidupan kita.

    @Onny : Yup, usaha terbaik yg kita bisa dan tetap berprasangka baik.

    @Ryan : Tuhan yg telah menulis semua akibat pilihan kita dengan takdir, tapi apakah jadi QADa' (TERJADI). Tetap berdoa berharap yg terbaik

    BalasHapus
  13. takdir itu ditangan tuhan, kita hanya bisa utk berusaha .
    utk hasilnya mau gimana ya terima aja :)

    BalasHapus
  14. ikut ngeramein ah.... hehehhee..
    http://forester-untad.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. pupuk e tuku neng endi CAK? pasar turi dodolan a?

    BalasHapus
  16. jdi,mari kita menanam kebaikkan..biar nanti memanen yg baik2 jga..
    dan jgn lupa nanam pohon,biar udara brsih..hehe #apaseh?

    BalasHapus
  17. @Heni : Yes yes yes, setuju semua - capek njelasinnya. But berusaha untuk berbuat baik dan tujuan baik ya.

    @Rahmat : will go there

    @Rinem : Nang Kayoon Nem

    @YouRha : Menanam benih/ biji nya dulu, berat kalo langsung nanam pohonnya.

    BalasHapus
  18. Aminnn


    lhoh, mas rizal konco ne rinem toh, apane?

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship