Kamis, 08 November 2012

10 Nopember jadi Cerbung



Wasdahhh! Meet again with me di Blog Sing Biasane

Udah tanggal 8 nihh…. dua hari lagi tahu nggak ada apa? Ada weekend!! Haiyah.  Tanggal 10 frend, tahu kan 10 November ada apa. Tanggal itu diperingati sebagai Hari Pahlawan! berdesir darah saya kalau mendengarnya. Karena membayangkan perang, kesedihan, kematian, kehilangan dan lain lain deh.  Yuk berdoa sejenak untuk arwah para Pahlawan yang telah memperjuangkan kebebasan rakyat Indonesia.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya”. 


Untuk bisa menghargai harus tahu apa dan siapa yang akan dihargai, apa yang telah dilakukan, sehingga kita menghormatinya . Caranya yo buanyak, mendengar, menonton dan membaca cerita-cerita Pahlawan dan Perjuangan.

Nah di Pabrik tempat saya kerja, setiap pagi diwajibkan untuk BAK (Briefing Awal Kerja). Di sana saya coba untuk  menyalurkan rasa menghargai teman2 terhadap para Pahlawan dan Perjuangan merebut Kebebasan. Dengan cara menceritakan proses terjadinya perang 10 Nopember yang terjadi Surabaya. 



Mulai tanggal 30 Oktober cerita bersambung 10 Nopember mulai saya ceritakan di BAK dan Alhamdulillah mereka antusias mendengar. Sebenarnya saya mau ceritain proses pertempuran 10 Nopember di post ini, tapi kok ya terlalu panjang, kedua sudah banyak weblog yang membahasa cerita ini. Cari sendiri ya..banyak kok, dari berbagai versi malah. Sila lanjuutt.

Model cerita detail dan bersambung ternyata disukai teman-teman. Sebelumnya kita pernah membaca cerita 100 tokoh Islam penting di Indonesia, tapi kurang menarik. Karena mungkin yang diceritakan hal-hal umum yang sering mereka dengar.

Pemilihan cara menyeritakan ini, terinspirasi karena seringnya membaca TL/kultwit di  Twitter – 'mencoba padat dengan 140 karakter'. Yang mendengarkan juga gak capek untuk mikir-mikir karena dengan sedikit cerita mereka lebih paham dan jadi inget.

Rencana saya setelah cerbung 10 Nopember ini akan saya lanjut dengan cerbung-cerbung lain, khsusunya yang bertema Pahlawan, Penjajah dan Perang. Sehingga pengetahuan teman-teman dan saya jadi bertambah. Pemahaman juga bertambah, menghormati dan mengharga akan muncul, mencintai dan menghargai jadi tujuan terakhir.

3 komentar:

  1. wah cerbung yang penuh campu2 macam gado2 lah haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama klepon enak tuh ahaha.

      ehh kak admin singbiasane.. apa kabar :D .
      ternayat saya belum follow sini.. mampir dan follow deh ^_^ .

      Hapus
    2. Alhamdulillah saya sehat.
      Thanks ya.....saya juga klihatannya belum follow MizTia - ntar saya kesana

      Hapus

Barusan Pulang

Friendship