Senin, 05 November 2012

PAUD Mengelola Masa Emas Anak


Sudah hampir satu bulan ini saya mencoba aktivitas baru, apa itu? apa itu?.... sabar sabar. Dengan kemampuan seadanya, saya coba untuk membuat dan mengelola Blog TK Dayyinah Kids. Kebetulan istri saya adalah Kepala di 2 dari 3 cabang TK Dayyinah Kids, so saya pun berkesempatan untuk meng 'Upgrading Blogger Capacity'.

Nah minggu kemarin saya coba untuk mengisi Blog tersebut dengan tulisan/ artikel, biasanya kami isi dengan informasi kegiatan beserta foto. Hari ini tulisan itu akan saya bagi untuk pengunjung Blog Sing Biasane, judulnya PAUD Mengelola Masa Emas Anak. Sila dilanjut......

Nah (lagi) jika ditanya kapan sih waktu yang tepat untuk menentukan kesuksesan dan keberhasilan seseorang? Maka, jawabnya adalah saat masih usia dini. Benarkah? Baiklah akan saya bagikan sebuah fakta yang telah banyak diteliti oleh para peneliti dunia.

Pada usia dini 0-6 tahun, otak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk.

Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden age).


Banyak yang mengatakan keberhasilan kita ditentukan oleh seberapa jenius otak kita. Semakin kita jenius maka semakin sukses. Semakin kita meraih predikat juara kelas berturut-turut, maka semakin sukseslah kita. Benarkah demikian? Eits tunggu dulu!

Saya sendiri kurang setuju dengan anggapan tersebut. Fakta membuktikan, banyak orang sukses justru tidak mendapatkan prestasi gemilang di sekolahnya, mereka tidak mendapatkan juara kelas atau menduduki posisi teratas di sekolahnya. Mengapa demikian? Karena sebenarnya kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan otak kita saja.

Namun kesuksesan ternyata lebih dominan ditentukan oleh kecakapan membangun hubungan emosional  anak - anak dengan diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Selain itu, yang tidak boleh ditinggalkan adalah hubungan spiritual anak - anak dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Nah di Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Sehingga dengan menyertakan anak – anak kita di  PAUD/ TK, masa emas anak – anak bisa dimaksimalkan. Kita berharap pendidikan PAUD dan TK dapat membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini
http://www.pendidikankarakter.com/membangun-karakter-sejak-pendidikan-anak-usia-dini/
http://uai.ac.id/fakultas/fakultas-psikologi/paud/

3 komentar:

Barusan Pulang

Friendship