Senin, 19 November 2012

Turun 200 Kata

 Hampir sebulan ini saya selalu coba untuk nulis di Blog Sing Biasane dengan jumlah kata sekitar 300. Walaupun agak mengurangi keinginan saya untuk membahas lebih luas lagi tapi gpp hal ini supaya pembaca tidak capek. Sebelumnya saya gak mau berhenti kalau belum 500 kata, nah gimana tuh – yakin deh sekarang banyak teman yang males baca postingan saya.

Sejak gabung di komunitas Blogger Energy sekitar seminggu lalu, saya belajar banyak hal. Apa tuh? Mengurangi jumlah kata di post, lho lho kenapa?. Gini gini, sejak saya rajin blogwalking lebih-lebih saat gabung di BE. Saya menemukan bahwa saya lelah (mata) banget baca post  teman-teman. Karena capeknya yang menarik aja kadang gak kebaca, apalagi yg gak menarik. Lewat aja...wushhhhh

Saya yakin juga, kalau teman-teman saya pas baca post di Blog Sing Biasane pasti juga seperti itu – lewat aja. Owh owh jadi selama ini…… iya seperti itupun saya. Walaupun sebetulnya ada teknik khusus untuk memperindah tulisan blog, agar pembaca mau membaca satu persatu apa yg kita tulis.

Nah untuk mensiasatinya, sekarang saya coba post di Blog Sing Biasane saya batasi hanya sekitar 200 kata aja. Sengaja saya posting tulisan ini supaya teman-teman yang tanya, kenapa sedikit kali tulisannya. Nah langsung kasih link ke post ini. 


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kalau nulis cuma 4 paragrap gini haruse bisa setiap hari dong, …iya sih ntar saya cobalah. Minimal yang 2 kali ini bisa rutin dan coba ke 3 kali seminggu.

21 komentar:

  1. :) NAmanya juga ungkapan om, Jadi wajar aja kalo panjang sampe se detail-detailnya,,
    Sebenarnya sih kalau untuk sesama blogger memang cenderung malas baca artikel yang panjang-panjang..
    Kita berada di 1 perpustakaan yang menyuguhkan berbagai macam bacaan untuk orang yang datang dari luar perpustakaan,, Pengunjung dari dalam perpus hanya untuk mendukung,, :D

    BalasHapus
  2. 200? wa keren.. pendek banget ni..
    kalu panjang gak apa2..tapi ada isinya..

    BalasHapus
  3. jadi ini semua postingan ini cuma ada 200 kata ???????

    BalasHapus
  4. @onny : Sang Pengunjung setia, komennya selalu oke punya. Ngena! nusuk! jleb! slurp! lho lho apa ini....

    @ Jue : Tets ret, pendek ada isinya lebih enak tuh. menghemat waktu untuk membaca. panjang ada isi, saya masih belajar lagi.

    @pelangi : Baru POst ini yang 200 kata, bukan semua post.

    BalasHapus
  5. iya bang, gak usah banyak-banyak.
    percuma bang, karena gak bakalan dibaca
    tapi kalo saya mah kebiasaan nulisnya panjang bang, dibaca gak dibaca ya urusannya mereka hahaha
    yang penting saya enjoy dengan tulisan saya bang
    keep spirit bang

    BalasHapus
  6. kalo saya sih panjang atau pendek itu gak jadi masalah bang.
    yg jadi masalah itu menarik atau tidak, berbelit2 atau tidak
    hehe :)

    BalasHapus
  7. Gue setuju, memang kalau terlalu panjang itu, yang ada malah ngebosanin bacanya :))

    BalasHapus
  8. kalo org yg emang mau kasih energy pasti baca semuanya sampe tuntas .
    kalo buat gua sendiri sih ga matok berapa karakter yg gua tulis, yg penting gua enjoy aja :)

    BalasHapus
  9. sing pas ae seperti sing biasane hhehe

    kalo bagus pasti panjang pun akan dibaca sampe tuntas kok mas, tapi prefer yang gak panjang2 sih artikelnya :D

    BalasHapus
  10. wah keren om, kadang saya juga begitu malas baca kalau kepanjangan hehe

    BalasHapus
  11. maka dari itu saya sering upload foto saya yang narsis dari pada nulis nggak kebaca hehe

    BalasHapus
  12. Tergantung cara penulisannya juga sih Om..
    Kalo menarik, biar panjang juga tetep saya baca kok..
    Wkwk~

    BalasHapus
  13. Saya biasa juga suka ga sadar buat postingan yang panjangggnya minta ampun.. Hihihi
    Pas saya baca sendiri jadi capek juga. Hehe

    Baru mau rencana buat postingan yang agak pendek..

    BalasHapus
  14. @RICOADEMANANDA : panjang banget namanya, kayak postingannya he he, saya suka komen mu di blog pelanggianggita tentang kesiapan pake jilbab.

    @ROZISUICIDE : bener banget, pembaca bisa larut ya dan hanyut....iki opo?

    @ROBIANUS : nah, sehati nehh

    @HENI : maunya sih gak ngrepotin pembaca tapi energy tetep dapet.

    @AHMAD MUAZIN : yang sedang sedang aja kalo gitu

    @NABILA : nah sehati lagi

    @EVA DINA : apalagi novel ya.... (padahal lagi ngomongin posting blog)

    @RINEM : Bener Nem, aku juga suka foto2 mu. apalagi tentang surabaya, jadi kangennnn.

    @NINA : Yup, Sila dicoba.

    @all : terima kasih banget kunjungannya.

    BalasHapus
  15. kalo memang dirasa harus dikupas tuntas dibuat panjang gak masalah kok hehe :D
    pasti juga saya baca :3

    BalasHapus
  16. manajemen yang gaul.

    kalo gue sih kurang lebih 500kata, tapi kalo mood bagus bakalan lebih kayaknya.

    BalasHapus
  17. haha..saya suka nih yg beginian. :))
    kalau saya sih biasa nulis ga matok, seringnya panjang. ga peduli mau menarik apa tidak, yg penting senang. karna memang saya akui saya ga ada bakat nulis...wkwkwk

    BalasHapus
  18. Kalau sya sih trgntung pd menarik atau gk nya. Ada yg nulis smpai 1000 lebih, sya ttp baca lau it emg mnarik. Tp 200 kta bgus jg, n gk akn bgus lau gk mncpai mksd sbnrnya krna tulsnny pndek.

    BalasHapus
  19. setuju sekali..
    kenapa mesti panjang, kalo bisa yang lebih pendek dan mengena.. :)

    BalasHapus
  20. Yap bener banget mas bro, kadang males aja kalo baca postingan yang panjangnye berhalaman halaman,,hehe

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship