Minggu, 19 Agustus 2012

Ramadhan Alone

hilal
Ramadhan udah habis dah….. pahala yang berlipat-lipat udah gak ada lagi, menahan nafsu sudah tidak greget lagi, kecintaan ke masjid mulai luntur lagi, sibuk tadarus tidak terlihat, sedekah mulai berkurang, tausiyah jarang terdengar.

Sungguh kalau umatku tahu keutamaan Ramadhan, pasti mereka akan meminta Ramadhan sepanjang tahun.. sabda Rosul. Bahkan di akhir Ramadhan banyak dari sahabat Nabi yang menangis, karena sedih ditinggal Ramadhan.

Ada yang bilang bulan Ramadhan adalah kawah candradimuka untuk menghadapi 11 bulan berikutnya, tempat latihannya umat muslim yang sistem pelatihannya sudah diatur Alloh. Namun ada juga yang bilang inilah bulan yang ditunggu-tunggu untuk menjadi kaya pahala, karena banyaknya rahmat, berkah dan ampunan Alloh – dijanjinkan juga barangsiapa bisa melewati Ramadhan dengan baik akan terbebas dari api neraka.

Kesamaannya adalah yang latihan harus benar-benar, karena akibatnya akan tereliminasi dan 11 bulan berikutnya pasti berantakan. Yang ini adalah bulannya, yo harus bener-bener, harus total ibadahnya, agar tidak sia-sia berpuasa dan beramal.

Kurma
Teman saya pengusaha distributor stroberi, saat ditanya seniornya : “gak ikutan bazaar pak, buat promosi,  buat paket stroberi, pasti banyak yang beli tuh”, teman saya itu pun jawab dengan enteng “ saya mau fokus ibadah”.. makk ‘gaya kali’ ucapku dalam hati. Tapi emang prend, ini yang paling bener. Rezeki tuh datangnya dari Alloh – ada hak dari tiap tetes keringat kita, tapi ibadah itu wajib - kewajiban. Tahu dong harus duluin yang mana…

Dipostingan sebelumnya saya  sedang mencoba untuk mengejar bacaan Quran sama dengan jumlah hari, jumlah juz nya lho – bukan halamannya. Proses mengejar hari begitu berat, saat hari bekerja agak sulit karena fokus kurang dan fisik. Tapi tetep frekuensi membaca ditambah, sebelum sholat, antara maghrib – isya, dan saat I’ikaf. Akhirnya hari ke 28 sudah sama dengan juz dan hari ke 29 malam juz 30 alhamdulillah bisa diselesaikan.

Saat ceramah teraweh rizalarable punya kebiasaan baru, apa tuh… tidur.. Ney ney, saya ngetweet ceramah khatib *follow ya @rizalarable. Banyak manfaatnya dari aktivitas ini, antara lain: mencegah ngantuk, bisa dibaca kembali dan berbagi dengan teman… ada lagi gak ya. Salah satu tweet dari ceramah teraweh yang saya sukai adalah: Rosul bersabda “ Saat jumlah jamaah subuh, sama banyaknya dengan jama’ah sholat Jumat. Saat itulah umat islam dalam masa jaya-jayanya”
eid
Tahun ini rakyat Indonesia musti bersyukur karena sebagian besar umat Islam berlebaran atau berhari raya di hari yang sama. Awal puasa memang berbeda tapi karena puasa adalah ibadah rahasia, jadi kita tidak bisa membedakan mana orang yang berpuasa atau yang tidak.

Tapi kalo Lebaran berbeda, pasti ketahuan dan kebingungan. Yang pengen lebaran duluan, sholatnya Id harus cari dulu, karena belum tentu tempat tersebut mengadakan. Dan Acara silaturahim juga terganggu karena mungkin ada saudaranya yang masih berpuasa. Alhamdulillah ya Alloh, berkahMu tercurah kepada bangsa ini – semoga di hari berikutnya kami bisa memantaskan diri agar rahmatmu tetap tercurah.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship