Minggu, 13 Mei 2018

Jadi Dokumentasi, sibuk nyuting dan foto

Sudah 2 bulan ini saya terbiasa nyuting kajian Ahad di Masjid GSI, hingga mendekati Ramadhan alhamdulillah bisa mengajak 3 pemuda yang tinggal di Perumahan ini. Sengaja memang saya ajak karena mengoperasikan live ini saya butuh yang pegang kamera live, dan pegang PC untuk mengendalikan tampilan live.

Saya juga butuh tukang foto untuk all day foto di beberapa titik dengan anggle yang sama. Sehingga pergerakan jumlah jamaah terlihat dari perbedaannya dari hari ke hari. Dari 4 orang tadi (termasuk saya) plannya adalah 2 orang live di depan mimbar, 2 orang keliling cari foto.

Cara saya menawari anak untuk gabung membutuhkan waktu yang cukup lama, karena memang saya mencari sendiri. Sebenarnya ada Remas / IPM namun beberapa kali saya ajak saling bantu tidak ada respon. Acara mereka pun sangat jarang, sehingga tidak tahu siapa personel dan aktivitasnya.

Saya amati anak-anak muda yang sering sholat di masjid, saya amati juga sholatnya, berdoanya, aktivitas sebelum dan sesudah sholat. Kalau kelihatannya cocok, saya ajak bantu dan gabung untuk live streaming. Alhamdulillah di bulan April sudah dapat 3 orang, saya ajari mengoperasikan HP dan FB, mereka pun bisa beraksi.

Di akhir menuju Ramadhan, alhamdulillah nambah satu orang lagi. Mantap nih, Ramadhan bisa giliran Live untuk ceramah Tarawih. Kami pun bisa membuat medsos selain Facebook, Instagram dan Youtube. Sumber konten insyaAllah ada terus tiap minggu. Tinggal edit dan upload, inilah dakwah anak muda, musti pake teknologi.

Karena seringnya saya ‘terlihat’ sibuk live di tiap kajian Ahad, saya pun diajak menjadi panitia Amaliyah Ramadhan. Awalnya bangga bisa diajak gabung, wah udah diakui nih saya. Ternyata di Seksi ini, saya paling muda dan jadi orang yang ngerjain semua. Hadeuhh…..

Ada 6 Bapak-bapak termasuk saya, dijadwalin jadi MC tarawih bergantian. Tapi saya yang ngetik redaksional, ngeprint, cari desain spanduk, cetak, buat grup WA. Belum lagi seksi lain pengen negtik apa, buat poster apa, tiba-tiba minta bantuan apa. Lha ini personel lain gimana kok gak dibagi tugas, hiks hiks…..mbalik eneh pokoke ikhlas, biar Allah yang bales.

Sampai ketemu di Ramadhan…….

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship