Minggu, 20 Mei 2018

Setiba di Ramadhan 1439 H



Gimana sudah menjalani 4 hari Ramadhan, berat gaes? Yang udah biasa puasa sunnah, pasti nggak bermasalah. Tinggal ibadahnya di tambahin, amalnya di banyakin. Yang puasa sunnahnya bolong – bolong kelihatannya agak sedikit kesusahan.

Nah yang nggak pernah puasa sunnah, wihh sulit banget. Bangun sahur aja berat, mau makan males. Persis kayak anak kecil di paksa sahur, pengennya balik tidur. Hari pertama banyak yang gak sahur, gak Subuh, sholat wajibnya compang camping hihi.

Saya termasuk yang jarang banget puasa sunnah, tapi insyaAllah sedikit ilmu saya dapat apa dan mengapa harus puasa Ramadhan. So dengan ilmu itu bisa mengurangi rasa berat, kantuk dan malas. Dengan sedikit ilmu itu, jadi memaksa untuk menjalani puasa dan amal-amal yang mengiringinya.

Syukur alhamdulillah di kondisi freelance ini, saya bisa sholat wajib tepat waktu berjamaah. Bisa selalu buka puasa bersama istri, bisa selalu ikutan tarawih di Masjid. Target khatam 30 juz bisa ditutup perharinya, ikutan kajian ilmu. Banyak kenalan dan ngobrol dengan jamaah lain dan tetangga.

Yang kondisi sibuk kerja dan bisnis tapi bisa njalani seperti alenia di atas, wah angkat 2 jempol deh. Saat ikutan Pelatihan Entrepreneur di Pekanbaru sekitar tahun 2010. Salah satu teman peserta penjual Stroberri ditanya oleh Mentor kami…. Apa rencana jualan di bulan Ramadhan nanti. Saya nggak jualan pak, fokus ibadah aja…jegerrrr, kueren banget cak!
Jadi ada perpaduan maha dahsyat ya, antara tahu ilmu mengenai puasa Ramadhan sehingga menggerakkan dan menuntun. Sudah terbiasa puasa sunnah sehingga  mau mengejar dan menyibukkan diri dengan ibadah. Terakhir ada waktu luang atau meluangkan waktu  di bulan Ramadhan dengan meninggalkan aktivitas harian.

Adakah di diri anda perpaduan dahsyat itu, kalau belum ada ..yuk mumpung masih awal. Tambahi ilmunya, luangkan waktunya, paksain ibadahnya, perbanyak amalanya, lebihkan sedekahnya, hadiri kajian ilmunya. Istiqomahkan hingga akhir nanti dan senantiasa di beri Allah kemudahan, kelancaran dan keberkahan aamiin.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship