Minggu, 06 Agustus 2017

Healthy or Humanity

Lagi viral, ada tempat makan pinggir jalan di Vietnam (semoga tidak salah tempat). Penjual memasukkan kakinya di ember tempat air dagangannya, misal penjual dawet, ember itu adalah tempat dawetnya. Hiii jijik banget kan.

Di program acara ‘Investigasi’ Trans7, seringkali mereka mengangkat berita mengenai kecurangan-kecurangan penjual makanan-minuman rumahan. Yang membuat kita begidik, jijik dan kadang emosi dengan kelakuan oknum penjual itu.

Bahan-bahan yang gak layak dijual, gak layak makan, bahkan bahan berbahaya dijadikan makanan untuk di jual. Kadang yang bikin gak habis pikir, makanan berbahaya itu dijual ke anak-anak. Jadinya masyarakat takut dan was-was kepada anak-anaknya saat membeli makanan dan minuman.

Para penjual itu bisa tetap bebas karena sulit dilaporkan, kaerna apa yang dia jual tidak menandakan miliknya. Misal penjual es tape, nah setelah makan, besoknya sakit perut masuk ke RS. Gimana cara membuktikannya, apa yang dimakan sudah habis, bukti sulit di tunjukkan, pake apa. 
Beda dengan produk makanan dan minuman dari perusahaan, jika ada apa-apa kita bisa menuntut. Mungkin meminta mencocokan isi dengan apa yang tertera di label kemasan, sisa makanan bisa diminta untuk cek untuk memastikan, dan bisa produk dengan kemasan itu bisa dinisbatkan ke pabrik pembuatnya. Sehingga pabrik pasti berhati-hati dengan hasil produksinya, karena dia harus mempertanggungjawabkan jika ada masalah dikemudian hari.

Tapi anehnya ada beberapa masyarakat juga takut mengkonsumsi makanan dan minuman buatan pabrik. Banyak alasan yang di sampaikan, banyak bahan kimia, bahan berbahaya, cari untung lah, dll. Pertama yang harus kita ketahui, bahwa semua bahan makanan itu ya bahan kimia, air aja bahan kimia (H2O). 
Kedua, pabrik kalau mau memproduksi makanan, pake merek pengen terkenal, terjual ke banyak orang harus melewati banyak perijinan. Selain aspek legalitas bisnis, yang penting lagi adalah aspek keamanan pangan. Asal bahan, beli dimana, apakah pejual punya sertifikat kesehatan pangan, jenis bahan, cara pengolahan dan cara penyimpanan, bagaimana kondisi lingkungan produksi, semuanya harus kita jamin kebersihan dan kesehatannya.

Next continued.....

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship