Minggu, 02 Juli 2017

Ada nggak sih negara yang wilayahnya terus bertambah

Dahulu kala saat sebelum masehi, ada 2 peradaban besar yang menguasai dunia, Romawi dan Persia. Romawi mempunyai luas wilayah 5.000.000 km (persegi) yang dibangun selama 650 tahun, sedangkan Persia mempunyai luas wilayah 7.400.000 km (persegi) yang dibangun selama 1173 tahun. 

Dari wilayah yang awalnya kecil, raja-raja selalu ingin meluaskan wilayahnya. Beberapa faktor diantaranya karena diserang terlebih dahulu, merebut sumber-sumber kekayaan/ pangan, menguasai kekayaan/ simpanan, memotong jalur perdagangan, atau menggabungkan dua kerajaan agar lebih kuat menghadapi serangan, pembunuhan atau penghinaan anggota kerajaan.

Kerajaan Cina adalah salah satu yang sering kita dapati sejarahnya di Indonesia, beberapa alasan Dinasti Cina mengirim banyak orang ke Kerajaan di Indonesia adalah karena misi perdagangan, mencari penghidupan baru, atau saat balas dendam Kubilai Khan karena utusannya di cederai oleh Kertanegara raja Singasari.
Di Indonesia juga seperti itu, kerajaan selalu ingin melebarkan wilayah kekuasaannya. Bahkan ada yang ingin menyatukan wilayah Nusantara yang terpisah-pisah di antara laut. Demi alasan-alasan diatas kerajaan berperang saling mengalahkan dan menghancurkan, bahkan ada yang karena cinta, kerajaan bisa memerintahkan perang, biasanya berhubungan dengan kisah cinta Sang Raja seperti misal perang Bubat dan perang Troya.

Seribu tahun setelah Masehi, sejarah sudah berubah. Imperium kerajaan sudah berganti dengan organisasai negara bangsa, yang luas wilayahnya sudah ditentukan dan di jaga oleh semua negara. Kumpulan berbagai negara bersepakat untuk membagi batas wilayah darat maupun laut. Walaupun kadang atas desakan penduduk dan dunia internasional, suatu wilayah negara bisa terlepas dan membentuk negara baru atau di kelola negara tetangga.

Kita pasti nggak mau dan nggak sudi salah wilayah di negara kita bisa terlepas, tapi yang terjadi sebaliknya. Walaupun kita sudah memiliki semboyan NKRI harga mati tapi ternyata Timor Timur bisa lepas, sipadan ligitan bisa lepas dan mungkin wilayah lainnya. Jangan sampe ah..

Apakah saat ini suatu negara mempunyai motivasi untuk meluaskan wilayahnya..... looking forward next week

1 komentar:

Barusan Pulang

Friendship