Minggu, 20 Agustus 2017

350 Tahun di jajah itu lama loh

Udah segede ini baru nyadar kalau dijajah 350 tahun itu lama banget, ya itulah Kerajaan Belanda yang menguras SDM dan SDA saat menguasai Indonesia. Menguasai kalau menyejahterakan sih gpp, lah ini malah menyiksa dan serakah. Menyerap kekayaan Indonesia, dibawa ke Belanda dan hanya menyisakan sedikit untuk membangun Indonesia, walaupun itu juga untuk kepentingannya (selama menajajah).

**seperti FM yang ada di Papua sekarang, ah sudahla**

Orang –orang kalau lihat bangunan jaman Belanda pada kagum, kalau saya malahi geram, bangunan bagus ini berdiri oleh SDA, keringat dan darah Indonesia.... kalau ada yang komen wih hebat ya desain Belanda... Ciatt puih!.


Umur manusia rata-rata adalah sekitar 60an tahun, jaman dulu mungkin bisa 80an tahun tapi ya jaman perang gak sampe segitu juga yak.. ha ha. Saya pake ukuran Nabi Muhammad saja, 64 tahun. Jadi kalau rata-rata umur rakyat Indonesia 65 tahun artinya 350 tahun tuh sama dengan 54 generasi ...waowww. 

**lebih lama generasi Bani Israil dari Yaqub sampai Musa, 9 generasi.
Belanda bisa beranak pinak, membangun jalan, rel kereta, bendungan, kebun, pabrik, sekolah dll di Indonesia ya wajar lah semua itu. Kalau di negara jajahanya saja bisa membangun seperti itu, bagaimana dengan di Negaranya sendiri, pasti lebih-lebih.

Belanda awalnya ingin membeli rempah-rempah, karena di Eropa Inggris mengusai perdagangan. Belanda pergi jauh ke Asia karena ingin mencari langsung ke sumbernya, namun karena serakah jadinya ingin menguasai. Di dukung militer yang lebih kuat mereka mulai memonopoli hasil bumi Indonesia dan memaksa rakyat Indonesia menanam sesuai keinginannya.

Tatanan kerajaan dan hubungan raja-raja di pulau-pulau Indonesia rusak dengan pemaksaan dan pembunuhan dari Belanda. Perlawanan raja-raja lokal saat itu seringkali kalah dengan persenjataan dan strategi perang Belanda, mengakibatkan banyak raja/ penguasa daerah tunduk kepada Pemerintah bentukan Kerajaan Belanda.

Berlanjut minggu depan...Mempertahankan Penjajahan

1 komentar:

Barusan Pulang

Friendship