Senin, 23 Desember 2013

Mengganti Template Blog


Sebagai seorang blogger yang ordinarily atau biasa biasa aja, nama saya cukup dikenal oleh teman-teman, bawahan maupun atasan. Karena dulu setiap update post saya selalu mengirimkan ke mereka, awalnya pengen eksis, kedua jadi ingin tulisan saya memberikan inspirasi.....ceileh.... minimal informasi lha ya (dari sudut pandang saya). Belajar otodidak membuat blog saya jadi agak lama berkembang,  hanya berbekal suka nulis dan ingin menjaga passion itu yang membuat Blog Sing Biasane tetap bertahan.

Once upon time at Jakarta, baru minggu kemarin sih – atasan saya minta di ajarin cara mengganti template. Setelah wawancara sebentar, saya lho yang mewancarai atasan – pengen tahu pengetahuannya tentang Blog. Ternyata beliau sudah mampu membuat dan mengedit Blog, jadinya saya nggak terlalu repot ngajari. Apalagi posisi kita berjauhan, saya di Pekanbaru – beliau di Jakarta.


Wis saya buatin tutorialnya ajalah, beres dah. Tapi setelah saya lihat lihat kiriman saya ini, jadi berpikir : ini kalo orang lain butuh, kan bisa bermanfaat ya. Walaupun udah banyak Blog yang ngajarin ini, tapi nggak ada salahnya ikut meramaikan sehingga banyak pilihan. Ya udah deh, tutorial sederhana ini saya posting aja. Yuk tengok...

1.    Masuk ke Blog
2.    Klik pilihan opsi, trus klik template

3.    Pilih Backup/ restore


4.    Klik dowload full template, untuk menyimpan template lama kita supaya jika template baru nggak bagus - yang lama bisa dikembalikan.


5.    Pilih save file dan ok
6.    Setelah di save, klik browse ; untuk mengambil template baru kita.


7.    Pilih template baru dan klik open
8.    Klik upload, tunggu hingga proses pembaruan selesai.
9.    Kalau sudah klik Close


10.    Tengok hasilnya di view blog


11.    Finish,,,, mudah bukan?
12.    Catatan : mengganti template pasti hasilnya akan acak adul, jadinya kita akan ngerapiin. Kalo dirasa nggak mungkin bisa di perbaiki, cari template lain aja..

2 komentar:

Barusan Pulang

Friendship