Senin, 13 Mei 2013

Saudaraku Nggak Sholat :-(

Sedih sebenarnya mendengar kabar ini, sebagai abang saya prihatin. Namun karena tempat tinggal yang berjauhan jadinya agak sulit bagi saya untuk menasehati, ngomong ngomong menasehati. Jadi bingung mau jelasin apaan, ntar salah malah gak bisa ‘ngena’. Jadinya saya cari dulu ilmu, kenapa sih harus sholat. Baca buku-buku lama, cari artikel di internet sampe tanya ke teman.

Alhamdulillah sudah ada gambaran dan bisa jadi masukan saat nanti proses sehat-menasehati.

Selama ini sholat dianggap sebagai sesuatu yang memberatkan, karena kita tidak mengetahui dan merasakan ketinggian nilai spiritual yang ada didalamnya. Untuk membangun rasa itu, saya coba memberikan alasan kenapa kita harus melaksanakan sholat.

Sholat adalah tiang agama > Anggap aja agama itu rumah, shalat itu tiang. Kalau shalatnya nggak ada, apa masih bisa disebut orang yang punya rumah/ beragama? Jawabannya adalah tidak. Jadi kalau kita nggak shalat, sama Allah tuh kita dianggap bukan orang beragama. Na'udzubillah.

“Shalat itu tiang agama, Siapa yang mendirikan sholat berarti mendirikan agama dan siapa yang meninggalkannya berarti meruntuhkan agama.”(HR. Tirmidzi)

Sholat itu inti/ kunci dari semua ibadah > “Amal perbuatan seseorang yang pertama kali akan dihisab (diperiksa), dihari kiamat nanti adalah Shalat, maka barangsiapa diterima Shalatnya, akan diterima seluruh amalnya, dan jika Shalatnya ditolak akan tertolak seluruh amalnya.” (HR. At Thabrani, Mundzir dan At Tirmidzi).

Sayang banget kalo semua ibadah dari puasa, zakat, sedakah, berbuat baik, umrah dan haji tidak dianggap Alloh SWT karena kita nggak sholat atau nggak sempurna.
Sholat pelebur dosa > “Antara shalat yang lima waktu, antara jum’at yang satu dan jum’at berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

Jadi kalau menjalankan sholat lima waktu, diantaranya Alloh SWT akan mengampuni dosa kita. Seperti kalau kita mandi 5 kali sehari, pasti badan kita jadi bersih tho.

Sholat itu pertanda bahwa kita orang Islam > Jadi begini. Setiap orang itu pastilah punya identitas. Begitu juga dengan agama. Nah, identitas orang Islam itu tak lain dan tak bukan adalah shalat. Maksudnya? Misalnya kita melihat orang lagi shalat, pasti yang ada di pikiran kita kan "Oh, dia orang Islam." Kok tau? "Lah itu dia shalat."


Sholat itu menjauhkan kita dari ucapan jelek dan perbuatan buruk/ jahat (dosa) > seperti di QS. Al Ankabut 45. Tapi kenapa selama ini kita sholat masih aja tetep ingin berbuat dosa, sholat iya maksiat terus. Itu karena kita kurang memahami, karena itu terus menerus belajar adalah yang dianjurkan. Agar semua aktivitas yang kita jalankan ada dasarnya dan tahu makna serta manfaatnya.

Sekelumit mengenai sholat, coba saya tulis disini. Semoga menambah ilmu saya dan teman-teman serta jadi pegangan saat mengingatkan saudara, juga orang sekitar agar melaksanakan ibadah wajib ini. Aamiin
Referensi
  1. http://sekitaremaja.blogspot.com/2012/05/enam-alasan-mengapa-kita-harus-shalat.html
  2. Setiawan, Lukman Hakim. 2007, Keajaiban Shalat Menurut Ilmu Kesehatan Cina, Bandung: Mizan Pustaka.
  3. Sangkan, Abu. 2008, Pelatihan Shalat Khusyu’, Jaksel: Yayasan Shalat Khusyu’.

5 komentar:

  1. Makasih share-nya ya, Mas :)

    BalasHapus
  2. Abu Sangkan ya Mas, iya, saya punya bukunya. itu yang covernya di yang paling bawah kan..

    BalasHapus
  3. jika seseorang sudah punya pengalaman spiritual sendiri yang berkaitan dengan shalat, biasanya dia akan sulit meninggalkan shalat.

    BalasHapus
  4. amalan yg pertama di tanya di kuburan nanti ya mas

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship