Rabu, 02 Maret 2016

Kebutuhan Primer Abad ini

Masyarakat modern yang berada di perkotaan dan sekitarnya saat ini mempunyai tambahan kebutuhan primer. Internet adalah tambahan kebutuhan itu, 33% populasi Indonesia telah menggunakan internet di keseharian mereka. Sedangkan di dunia, Indonesia berada di peringkat 13 pengguna internet terbanyak, walaupun secara penetrasi baru no 154.

Lama waktu yang digunakan untuk berselancar di dunia maya oleh masyarakat Indonesia terbanyak adalah 1-3 jam, kalau saya bisa dikatakan 24 jam.... ihh freak banget ya. Lah sedikit sedikit lihat HP, cek notifikasi. Kalau Browsing di depan komputer sehari maksimal 4 jam lah, kalau di hari libur bisa lebih.

Sekarang bahas makanannya, makanan ya kuota internetnya. Saat di Pekanbaru tahun 2008 – 2013, saya pakai XL. Pas beli modem dan bundling selama setahun, dan nerusin sampai 2013. Cocok banget sama XL, tapi lupa berapa GB dan harganya. Walaupun kadang saya ganti provider, tapi tetep kembali ke XL.

Pernah nyoba pake SSH, kepanjangannya nggak tahu. Unlimited murah, karena ambil jaringan dari Singapura atau Amerika. Gak bertahan lama karena Ribet dan gak cocok dengan laptop saya.

2 tahun terakhir ini saya sering ganti ganti provider, apalagi sejak modem rusak. Rusaknya karena SIM card micro, sering tarik dan cabut di modem pindah ke HP. Modem rusak, jadi ngandelin tethering HP dah. 

Awal di Pati (2014) setia banget sama 3 (Tri), karena XL aneh. Di dalam rumah no sinyal, HP keluar jendela penuh sinyalnya- aneh kan. Pake Tri lama banget, hanya beli perdana aja, karena memang lebih murah.

Ada IM3 3GB 3 bulan kalau gak salah, wah seneng banget beli paket ini. Walaupun sering sold out, sempet beli yang 13GB pas pameran di Surabaya. Karena promonya habis, dan Indosat ganti ke Ooredo saya pun berhenti langganan. Nyoba Ooredo 4GB, sama aja, gak memuaskan.

Sekarang lagi manteng ke Smartfren 4GB, ini karena staff saya dapat promo beli MIFI seharga 150rb (Harga asli 300rebu). Trus di desanya (Pati juga) tidak dapat sinyalnya, saya sempet pinjem dan bisa di pake – ane di tengah kota gitu loh, tengah kota Pati juga ha ha. Sekarang MIFI itu saya pake dengan jaminan 300rebu, beli paket 100rebu dapat 4 GB seharian dan 12GB jam 00.00 – 07.00.

Ada juga paket 65rebu dapat 5 GB seharian, bisa dicoba sih. Yap dengan makin bertambahnya pengguna internet di Indonesia, sudah pasti provider berlomba lomba untuk memberikan layanan terbaiknya. Konsumen hanya butuh cerdas memilih dan memilah harga atau paket sesuai kebutuhan.

https://dailysocial.id/post/5-fakta-menarik-tentang-penggunaan-internet-di-indonesia/

8 komentar:

  1. Waah, ternyata sudah banyak pengalaman pakai ini itu buat internetan, ya. hihi.. sampai ngikutin promo-promonya juga. :D

    @epatyci16

    BalasHapus
  2. oh XL,.Three, Im3 ya
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kan ga lucu ya, Mas kalau hp nya di taro di luar jendela. Tiba2 jaringannya ilang begitu pula hp-nya. Ups.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha, bener nih.
      HP biasanya aku tinggal aja di kusen, supaya dapat sinyal terus.

      Hapus
  4. Wah untuk tengah malam 12 GB??? Tapi mau ngapain jam segitu eh bisa deh nonton film streaming di malam minggu hahaha@rin_muzsipoel

    BalasHapus
  5. I really like this website, Thanks for sharing this information. Keep posting more. [:))] zell v phytogreen

    Nice information, many thanks to the author. It is incomprehensible to me now, but in general, the usefulness

    and significance is overwhelming. Thanks again and good luck! zell v

    OK good to see- interesting blogs are always sweet! Peace. sabun herbal hawa

    Nice information, many thanks to the author. It is incomprehensible to me now, but in general, the usefulness

    and significance is overwhelming. Thanks again and good luck! Peluang usaha makanan ringan

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship