Kamis, 04 Februari 2016

Sunnah yang masih nyusahin orang lain

Tulisan ini nyambung lagi dengan tulisan sebelumnya, ada sunnah yang ngeselin orang lain. Wait wait ati ati lho kalau ngomong, lha semua dari Nabi itu baik dan berpahala jika dilakukan. Iya saya tahu, saya jelasin dulu dong. Kan saya bilang ngeselin orang lain, aktivitas ini hanya bisa dilakukan dimasjid atau musholla.

Apa itu : sholat sunnah tahiyatul masjid. Kok bisa ngeselin orang lain, jadi gini... orang yang datang beberapa melakukan sunnah itu beberapa tidak. Yang ngeselin adalah, datang ke masjid terlambat/ lama setelah adzan berkumandang – trus tanpa melihat suasana jamaah langsung aja “Allahu Akbar!” sholat tahiyat, kalau Subuh, nambah lagi sholat Rawatib.

Lha yang nunggu dari awal adzan ini gimana??, apalagi gelombang jamaah ini berdatangan dan melakukan sholat sunnah yang sama. Muadzin udah tengok belakang berkali kali, masih aja ada yang sholat. Sebagai jamaah yang nggak udah nunggu lama, huuu sebel banget lihat kayak gini. Mbok ya berperasaan, jangan egois mikir pahalanya sendiri.

Di masjid lainnya, keunikan yang kadang saya lihat adalah, muadzin berdiri di mic sambil lihat jamaah yang sholat. Yang baru datang dilihatin aja, supaya tahu diri kali ya. Ada lagi yang rakaat pertama tenang aja, karena muadzin iqomah, rakaat kedua langsung cepeet wusss. Kadang jamaah telat itu di teror oleh pandangan jamaah lain yang lama menunggu, bisa juga pake dehem he he.
Hal yang sepele gini aja bikin hati panas lho, walaupun menunggu sholat itu berpahala. Tapi ya bukan mengakomodir jamaah yang telat, saat masjid sebelah udah iqamah dan jalan 2 rakaat – eh disini baru iqamah. Rasul mengajarkan kita untuk mempersiapkan diri, dan tergesa gesa itu bukan sikap Rasulullah Saw.

Beberapa masjid juga menerapkan pengingat elektronik yang menempel di dinding bagian depan. Menit yang berjalan mundur ini bisa mengingatkan jamaah untuk bersegara datang dan melaksanakan sholat tahiyat masjid. Muadzin akan segera mengumandangkan iqamah saat menit tepat diangka nol. So ini adalah cara yang cukup baik, win win solution.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship