Minggu, 09 Oktober 2011

Mie Kerupuk


Wah enak nih, mie goreng dan krupuk – salah satu pasangan yang maknyus jika dihidangkan sebagai penganan Anda. Berbicara mengenai makanan, mie instant dan krupuk untuk sebahagian orang/ penduduk Indonesia sudah menjadi makanan pokok. Minggu ini Blog Sing Biasane mencoba untuk membagi inspirasi dengan melihat salah satu produk makanan ini. 

Suatu hari saya membeli mie instant dan krupuk, seperti gambar disamping. Saat di sandingkan dan dilihat lama….lama….lebih lama…lebih lama….ternyata ada persamaan. Apa itu?.... Harganya!.... .dienggGG – kalo itu mah gak usah dilihat kali, pas beli kan tahu juga. Aneh juga sebenarnya, mie instant dengan kemasan yang sangat bagus, dilengkapi dengan bumbu-bumbunya, bahkan 1 merk bisa tersebar dimana-mana kadang berhadiah pula- harganya Rp. 1.500. Sedangkan krupuk, yang bahannya hanya dari tepung, minyak untuk menggoreng dan plastik seadanya..ternyata harga juga Rp. 1500!!!.#tercengang.

Benar-benar menakjubkan, amazing!!! Mie instant yang bisa mengenyangkan dengan rasa yang bervariasi juga lezat harganya sama dengan krupuk yang berat nya jauh lebih ringan dan tidak mengenyangkan. Pabrik mie instant bisa jadi hanya beberapa, namun produknya bisa tersebar di seluruh indonesia raya, sedangkan krupuk… boro-boro seluruh indonesia, bisa menguasai satu kota aja sudah puas tuh juragannya.

Apa gak rugi tuh pabrik mie instant dengan harga segitu?, 'beta tidak tahu', tapi coba tengok karyawan-karyawan Indomie, Mie Sedap, atau Mie ABC….bejibun banyaknya dan pastinya gaji mereka diatas UMR apalagi staffnya. Atau kita bisa mengira : untungnya gede kali si juragan krupuk, produk yang seperti enntuh# harganya disamakan dengan mie instant. Coba pula lihat ato bayangin aja deh karyawan-karyawati pabrik krupuk……hmmm udah? ……..Trus kalo dibandingin dengan karyawan pabrik Mie, anda pilih yang mana?….. wow pilihan Anda sama dengan pilihan saya.


Apa yang terjadi??? (terjadilah),,,, Anda tahu nggak rahasia keuntungan atau profit? Saya kasih tahu ya: Yaitu hasil penjualan di kurangi biaya-biaya (bahan, produksi, distribusi, dll) yeeee itu mah udah paham. Artinya untuk meraup keuntungan seraksasa-raksasanya (maruk banget nih), sebuah perusahaan harus bisa menekan biaya sekecil-kecilnya dan menggenjot penjualan sebanyak-banyaknya.

Pabrik Mie Instant pasti lebih efisien, kita bisa hitung dari saat pembelian bahan yang lebih murah. Dengan cara membeli bahan dasar, membeli dari produsennya langsung dan membeli dengan jumlah yang sangat banyak (pastinya dapat diskon dong). Produktivitasnya tinggi, karena pabrik mie instant mempunyai mesin-mesin produksi yang bisa memproduksi mie dalam jumlah besar dan cepat. 

Optimal dalam penggunaan tenaga kerja, disamping karena faktor mesin juga, mereka dituntut dan diajarkan bekerja dengan benar & cepat dengan sistem yang teruji. Administrasi dan alur kas dijaga dengan ketat dan cermat. Sehingga biaya-biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat  dan sehat atau bahasa kerennya ‘Effisien dan Efektif’.

Sedangkan untuk meningkatkan penjualan, Pabrik Mie Instant pastinya telah melakukan proses pemasaran secara keseluruhan; mulai dari bagaimana mencipatkan suatu produk, menentukan harganya, menetapkan ‘pasar’ “(segmen) mana yang akan dituju, sampai bagaimana strategi mempromosikannya dan mendistribusikannya.

So, jika pabrik kerupuk bisa meniru pabrik mie instant….Anda sebagai konsumen pasti akan mendapatkan kerupuk yang lebih banyak, lebih bervariasi , lebih nikmat, lebih murah dan lebih…lebih…lebih lagi.

1 komentar:

Barusan Pulang

Friendship