Senin, 14 Desember 2015

Jangan dikira amalan mu akan di balas oleh manusia, jadi stop mengharap apapun ke manusia.

Wans epon dei in faktori, ada yang nanya “Kenapa sholat dhuha jam segini (09.00), gak pagi aja sebelum kerja. Kan enak gak ngganggu kerja” tanya salah satu teman...hmm. Sebelum membahas jawaban ini, saya teringat salah satu teman di Pati saat memberikan sambutan terakhir sebelum pindah tempat bekerja. “Kita harus profesional, mengerjakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya, pasti karir juga bagus, bisa di tempat yang sama atau di tempat yang berbeda.”

Secara etika pekerjaan bener sih, gak salah. Tapi selama ini saya perhatikan dia kalau Sholat di akhir waktu dan kurang menghormati orang. *dalam hati* “Profesional apaan, kamu sama Allah aja nggak profesional”. Saya adalah orang yang yakin  jika kita mendahulukanNya, insya Allah kita juga bakal di perhatikan.

Kembali ke pertanyaan awal
Sholat Dhuha saya coba bener bisa melakukan setiap hari, karena sholat sunnah ini sangat utama setelah tahajjud. Sedangkan Tahajjud saya masih bolong bolong, jadi Dhuha di paksakan bisa. Nah masalahnya, saya sekarang sedang belajar ikhlas, dan konsep tidak berharap ke manusia sedang saya lakukan. 

Jika sholat Dhuha saya lakukan pagi, pasti teman-teman/ karyawan lain bakal tahu, karena jalur karyawan yang datang setelah parkir kendaraaan pasti lewat musholla. Saya takut timbul kebanggaan melakukan sholat sunnah ini, di saat yang lain hanya lewat saja. Mungkin hal yang wajar rasa itu muncul, tapi saya nggak ingin rasa yang lain muncul, misal jadi merasa beriman lah, merasa banyak amalan lah, merasa hebat bisa sholat dhuha lah, dll.

Kalau bisa dihindari ya saya hindari, karena itu jam 09.00 dipilih karena sebagian karyawan sudah sibuk bekerja. Beribadah hanya untuk Allah Swt, orang lain gak perlu tahu. Kalau pun ada yang lewat paling satu dua, itupun ujub kadang muncul. Adapun ibadah yang gak bisa disembunyikan seperti sholat 5 waktu, ya gak apa apa ditunjukkan – karena itu wajib dilakukan.
Yang sering nih bangga karena puasa, buat apa juga orang-orang dikasih tahu kalau kita sedang puasa,  lha mereka aja gak nanya. Misal kita berucap seperti ini: “saya sedang puasa lho”, “wih enak ya makanannya, sayang saya sedang puasa”, “Udah maghrib belom!
Udah maghrib belom!, mau buka nih”, “ntar pulang mampir mbok warung ya, mau beli nasi buat buka puasa”. Secara nggak sadar kata itu muncul, tapi kita sadar saat rasa bangga itu menyelinap hadir. 

Bikerful, bisa bisa Allah Swt membalas ibadah dan amalan hanya dengan pengakuan manusia, dengan rasa bangga atas manusia lain, dengan sedikit pujian manusia... namun hangus di sisi Allah Swt. Jadi jangan capek beribadah hanya berharap dilihat manusia, dipuji manusia, dibanggakan manusia. Biar saja Allah Swt yang mengetahui dan membalasnya. Nanti manusia juga bakal tahu hal hal baik yang kita lakukan, karena balasan Allah Swt juga lewat manusia kok.

1 komentar:

Barusan Pulang

Friendship