Minggu, 28 November 2010

PIlihan Bijak untuk Alam dan Manusia

Minggu kemarin lusa tepatnya tanggal 13 – 14 Nov, ada acara yang diadakan oleh WWF-Indonesia di salah satu Mall di Pekanbaru. Acara ini adalah salah satu rangkaian dari acara nasional dan dilaksanakan hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Nama dari acara ini adalah Green and Fair Product, karena istri saya mendaftar menjadi volunteer – jadinya saya ikut mendampingi, antar jemput pastinya dan jadinya saya mengerti aktivitas WWF di Indonesia khususnya di Sumatera.

Saya sebenarnya udah lama tahu mengenai aktivitas WWF, salah satunya dari personel WWF yang sering berada di mall untuk mengajak orang-orang menjadi donatur. Dari sana saya tahu ada yayasan yang berusaha ingin menyelamatkan hewan langka khususnya dari kepunahan dan konservasi hutan untuk menjaga keaneka ragaman hayati,…. saya bertemu personel wwf ini gak hanya sekali – tapi berkali kali. Tapi gak pernah jadi donatur karena mereka mendebit dana via kartu kredit, lha saya ini gak pernah jodoh kalo ngurus kartu kredit – penghasilannya terlalu rendah kali ya?

Di awal minggu kedua November saya bertemu lagi dengan personel wwf, saya sudah menyangka harus pake kartu kredit – tapi kata Mas Husni (personel wwf) bahwa sekarang wwf bisa pake debet. Lha ya udah gak usah diterangin lagi dah, saya langsung daftar jad suporter wwf (istilah untuk donatur) dengan minimal debet he he.

Kembali ke acara green and fair product, ini apaan sih: GnF Product  adalah acara yang di gagas oleh wwf untuk mengenalkan produk-produk dari Indonesia yang dihasilkan oleh orang-orang Indonesia dengan proses produksi yang ramah, higienis, alami dan berkelanjutan. Disini wwf juga berkolaborasi dengan masyarakat yang berada di kawasan konservasi untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang terbuat dari bahan alami setempat. Karena wwf percaya bahwa produk ini terjamin, dalam arti produk tersebut memenuhi beberapa kriteria mendasar dari segi ekologi dan sosial.

Saat ini ada delapan produk yang dikelola wwf bersama masyarakat dan tersebar di seluruh indonesia, yakni: Minyak Kayu Putih Walabi dari Wasur Papua; Madu Hutan Gunung Mutis dari Timor, NTT ; Beras Adan Tana Tam dari Krayan Dataran Tinggi Borneo; Produk Lidah Buaya dari Sebangau, Kalteng; Kerajinan Manik Banuaka dari Kapuas Hulu Kalbar; Kerajinan Badak dari Ujung Kulon; Kopi Robusta Kuyungarang dari Bukit Barisan Lampung; dan Madu Hutan Tesso Nilo dari Pelalawan Riau.

Dan yang dipamerkan di acara ini adalah hasil produksi dari Sumatera yaitu: Madu Hutan Tesso Nilo Pelalawan Riau dan Kopi Robusta Kuyungarang Lampung. Coba friend, enak juga kok sekalian kita telah memilih produk dengan bijak untuk alam dan manusia.

Di acara ini juga di datangi oleh suporter kehormatan wwf-indonesia, Nadine Candrawinata.....wah lumayan ketemu artis. Walaupun gak bisa poto bareng, tapi kita sama-sama suporter. Nadine - suporter kehormatan kalau saya suporter............











3 komentar:

Barusan Pulang

Friendship