Kamis, 14 Januari 2016

Rekayasa posisi kerja operator di Pabrik Minuman

Itu adalah judul disertasi Mbak kedua (mK) saya dalam program Doktoralnya. Dia ingin mencoba melakukan penelitian di Pabrik dimana saya bekerja, sekalian ingin main ke tempat saya karena memang belum pernah.

Mengajukan penelitian di tempat kami memang cukup sulit dan jarang di setujui, sehingga tidak banyak mahasiswa melakukan PKL atau tugas akhir di Pabrik ini. Bisa jadi karena kami Pabrik kecil, baru running 3 tahun di tempat bekas gudang kacang. Walaupun areanya sudah tertata rapi namun masih kurang cantik dan menarik. 

Karena area penelitian dan data yang diambil tidak sensitif, maka surat ijinnya bisa di setujui. Saya sempet tanya ke mK kenapa harus jauh ke Pati (dari Malang), di Sidoarjo ada kok plantnya. “Sekalian mau ngunjungi kamu” begitu jawabnya, iya deh. 
Saat saya masih di Pekanbaru, hanya Bapak yang sempet mengunjungi kami. Saat awal di Pati, Bapak juga menyempatkan diri untuk mengunjungi kami. Kali ini mK yang menyempatkkan diri untuk hadir. Seneng sih di kunjungi saudara dan orang tua, ............

Selama 5 hari mK berencana untuk melakukan penelitiannya, ikut kegiatan kami sehari hari. Pagi sarapan murahan, siang makan di Pabrik, malam kami usahakan untuk ajak makan di luar. Mencoba nasi gandul, merasakan soto ayam kemiri dan masuk ke tempat makan ‘wah’ di perbatasan Pati.

Ruang tidur utama kami berikan ke mK ditemani istri, sedangkan saya ngalah tidur di luar. Berangkat pagi bareng saya, kalau siang mau pulang trus balik lagi mK di antar istri. Karena ‘jam hidup’ nya berubah, di hari ke 3 mK mulai gak enak badan dan besoknya sakit. Selama di Pati sayangnya kami belum sempet mengajak jalan-jalan keliling. Kesibukan penelitian dan waktu yang terbatas jadi penghalang utamanya.

5 hari telah berlalu, hasil penelitiian sudah didapat – sebagai tambahan data dari tempat-tempat yang lain. Semoga lancar mengerjakan disertasi, bisa dipertahankan saat sidang nanti. Gelar Doktor yang di raih dengan kerja keras ini, bisa jadi bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, lebih lebih bagi bangsa Indonesia.

3 komentar:

Barusan Pulang

Friendship