Senin, 24 November 2014

Sholat sebagai Selingan

Sedih di hati kalau lihat ada orang yang masih menduakan sholat, dan jumlahnya tuh banyak. Padahal perintah sholat langsung di sampaikan oleh Allah Swt. ke Nabi Muhammad Saw. loh. Padahal Sholat adalah rukun islam ke dua, padahal Sholat wajib hanya 5 kali sehari.

Tapi masih banyak dan buanyak umat islam yang menganggap Sholat bisa nanti, Allah Swt., menyediakan waktu kok. Tapi dalam hati masing – masing Muslim pasti mengetahui bahwa sholat tepat waktu adalah utama. Atau jangan jangan malah nggak tahu ya. 

Lihat aja masjid masjid pas Subuh, inilah orang orang yang menurut saya niat banget ingin dapat tepat waktu dan jamaah. Memaksakan diri untuk bangun dan berjalan ke Masjid, di saat lainnya masih tertidur pulas. Atasan saya saat di Pekanbaru malah aneh, sholatnya tuh sering di akhir waktu... pake mazhab apa ya?


Beberapa teman-teman saat kerja di Jakarta juga lebih banyak, sholat tuh kayak selingan aja. Saat ada sela waktu kerja, wudhu di toilet, trus sholat di antara meja kursi, doa bentar trus kerja lagi... hadehh. Udah disediakan musholla, masjid juga dekat. Karena itu saya sering ngajak teman2 untuk berhenti bekerja dan mengajak sholat saat adzan.

Sekarang di Pati, Allah Swt memberikan kesempatan dan ujian, apakah keinginan mengajak orang lain untuk sholat masih kujalankan atau hilang. Alhamdulillah tantangan itu sekarang menjadi aktivitas sholat jamaah dan tepat waktu untuk seluruh bawahan saya. Saat adzan mereka berhenti bekerja dan langsung menuju mushola Pabrik.

Awal awal saya selalu mengingatkan jika ada yang nggak sholat berjamaah. Setelah beberapa kali mengingatkan, akhirnya mereka sudah paham. Alhamdulillah, walaupun mereka hanya menggugurkan kewajiban. Beberapa orang ilmunya hanya ikut dan takut dengan saya. Oke untuk awal dasen metder....

Saya mengadaikan ke mereka “ apa yang kalian lakukan ketika saya memanggil  kalian saat bekerja, pasti berhenti kan. Dan jika pimpinan pabrik ini memanggil kalian saat kalian bekerja, juga pasti berhenti kan. Padahal itu manusia... Kalau Allah Swt yang memanggil, apa yang musti kalian lakukan?... mereka sudah tahu jawabannya dan bersegera jika mendengar Adzan.

Semoga teman-teman yang masih menduakan panggilan Allah Swt dengan kegiatan lain bisa berpikir bahwa Allah Swt juga akan menduakan kita, menigakan, mengempatkan bahkan tidak menghiraukan.... naudzubillah.

3 komentar:

  1. Alhamdulillah aku rutin mengerjakan sholat, walaupun gak selalu berjamaah..

    BalasHapus
  2. alhamdulilah ,, aku selalu rutin mengerjakan waktu ..terimakasih ya,, sukses selalu..

    BalasHapus
  3. mak jleeeb.. makasih sudah mengingatkan saya lewat postingan ini mas.. salam kenal ya.

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship