Senin, 11 November 2013

3 Iven Blogger Bertuah

 Seminggu ini saya mengikuti 3 acara Blogger Bertuah, Komunitas Blogger untuk masyarakat Pekanbaru dan Riau. Sebelumnya jarang banget saya mengikuti kegiatan-kegiatan Blogger Bertuah, karena memang saya sebagai karyawan swasta tidak bisa sebebas mahasiswa dan Pengusaha. Tapi saat ada kesempatan bisa, akan saya usahakan, seperti kegiatan kemarin.

Pertama teman-teman Blogger Bertuah mengadakan workshop merubah Blog menjadi Buku di Hari Jumat, dari menulis di dunia maya ke dunia nyata. Acara ini di isi oleh Mbak Lusi, admin Kumpulan Emak-emak Blogger yang kebetulan berdomisili di Pekanbaru. Pengalaman beliau ngeblog dan menulis buku mampu memberikan pencerahan dan memotivasi para anggota Blogger Bertuah untuk menulis sebuah Buku (Antologi).


Menulis di Blog atau jadi Buku ada kekurangan dan kelebihannya, di Blog menulis seakan tidak ada aturan, ikutan lomba pun aturannya tidak ketat, walaupun hadianya oke punya, nggak ada kewajiban literatur, referensi atau sumber bacaan yang musti dicantumkan (kalaupun  anda mau men’remark’kannya itu jauh lebih baik)

 
Menjadikan tulisan ke buku dan dijual, mempunyai kesulitan – banyak peraturan yang musti dilewati. Dari cara menulis, mencari dan seleksi penerbit, marketing, dan menikmati hasil. Kadang penulis pemula mendapatkan sedikit saja dari hasil penjualan bukunya. Namun buku hasil jerih payah ini akan menjadi warisan bagi anak cucu kita, sumbangsih kita akan selalu dikenang. 

 
Aktivitas kedua yakni Pelatihan Blog di salah satu SMK di wilayah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar di Hari Sabtu, berbatasan dengan di wilayah Barat Pekanbaru. Tidak begitu jauh dari perbatasan, apalagi saya yang tinggal di pinggiran Kabupaten Kampar. Siswa disini cukup antusias untuk bisa membuat Blog, tapi karena jaringan dan bandwith yang tidak mencukupi, beberapa siswa kecewa dan memutuskan untuk pulang.


Bersambung ya...disini

1 komentar:

  1. Wah jadi pengen gabung dengan blogger2 lainnya. semangat terus untuk mengedukasi tentang blog bagi pelajar :)

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship