Minggu, 24 Oktober 2010

Mbah Google dan Ki Webmaster telah menolongku

Alhamdulillah, Blog Sing Biasane udah mulai sehat – walaupun masih ada ketidakteraturan di sana sini tapi udah lumayan lah. Bisa Posting dan menghiasnya, bagi pengunjung Blog Sing Biasane pasti gak melihat ketidak teraturan itu. Karena tampilan luar tidak terpengaruh, dia tetap gagah untuk menampilkan postingan rizalarable yang semoga selalu able>>>;so …don’t judge the book for the cover.

Mungkin ada yang bertanya-tanya gimana cara Blognya bisa sehat (padahal yo gak ada yang nanya, emang gue pikirin zal). He he gpp ……. saat itu memang saya agak sedih, tapi jangan lupa kita punya mbah Google yang akan menunjukkan penerawangannya atau jalan yang harus ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan kita.  Saat itu saya mengucapkan kata “Blog Rusak”, saat itu juga banyak situs yang ditunjukkan oleh Mbah Google sesuai dengan permintaan saya. Beberapa situs sudah saya datangi, beberapa ada yang saya coba tapi gak berhasil. Salah satu situs yang membantu saya adalah Gobelan.Blogspot … wah ternyata masih  teman juga (sama-sama blogspot maksudnya).

Di Gobelan saya ditunjukkan untuk memperbaiki link rusak lewat situs-situs luar yang ternyata harus bayar, namun dengan serta merta saya menolak hal itu karena saat ini masih tergabung dalam FoCiB Netters atau Free of Charge is Better Netter atau Lebih baik gratis daripada nggak gratis (heh?). Akhirnya (masih di Gobelan) saya menemukan Google Webmaster Tool dan ternyata gratis – karena ini aplikasi suport untuk  para anggota google. Dari sanalah akhirnya Blog Sing Biasane ini berangsur-angsur pulih, dan rizalarable bisa posting kembali untuk mengabarkan hal-hal modern yang dia ketahui dari sudut konservativisme.

Untuk pengunjung Blog Sing Biasane yang mempunyai problem sama seperti Biasaneae, yaitu tab tab bagian dalam (posting, design, setting, monetize, stat) tidak tertata seperti biasanya dan fungsi-fungsi (font, link, add gambar, dll) di halaman posting juga tidak bisa digunakan, identifikasi awal adalah karena adanya broken link. Link yang kita cantuman di posting kadang tidak tertulis dengan benar atau link ke postingan lain yang kemudian terhapus atau lain sebagainya. Kalian bisa mencoba kemampuan Ki Webmaster dengan langkah-langkah sebagai berikut:                 

1. Anda bisa mencoba masuk ke Google Webmaster Tools, akan keluar tampilan seperti ini

Isi data account google mu, yang belum punya harus daftar dulu….lha wong aplikasi ini punyanya Google.
2. Anda akan masuk ke menu Home, isi url situs atau blog mu di (logo) Add site dan setelah itu masuk ke       Dashboard anda.

3. Kemudian di kolom kiri : klik site configuration >>>;; crawler access >>>; remove URL. Kemudian akan muncul kolom untuk memasukkan URL yang akan diperbaiki, ada 2 opsi pengisiannya:
Opsi  1: Nggak usah di isi, karena tadi di langkah 2 engkau udah mengisi URL situs/blog so langsung kontinue aja. 
Opsi 2: Isi dengan URL situs/ blog anda  
4. Setelah masuk ke Crawler access, centang ‘the content has been blocked by robots.txt’  trus klik ‘Submit Request” 
5. Udah deh, tunggu 3 – 4 hari ditambah berdoa dan beramal ke fakir miskin. Mudah-mudahan Ki Webmaster bisa menyelesaikan problemmu…..

4 komentar:

Barusan Pulang

Friendship