Minggu, 11 Desember 2011

Sang Khalifah juga Pedagang Bro!


Masih mencoba membuat judul yang unik, sebenarnya agak confused juga - mohon masukannya Bro, untuk keunikan dan kesesuaian judul dengan isinya. Setelah posting sebelumnya rizalarable membicarakan mengenai bisnis dan disana saya tuliskan tips dari Sang Nabi, kali ini Blog Sing Biasane akan mencoba merensensi buku mengenai Dagang…….haiyah podo ae. Sang Khalifah yang tidak lain dan tidak bukan adalah Sang Nabi di Buku Bang Ippho Santosa yang berjudul Muhammad sebagai Pedangang akan saya coba rangkumkan dan sarikan untuk anda pengunjung Blog Sing Biasane.

#1 Mulailah dengan yang Kanan
Mulailah dengan yang kanan, itulah petuah Nabi Muhammad. Penafsirannya menurut kami, “Mulailah dengan otak kanan,” atau, “Utamakan otak kanan”. Yang ini mah emang trade marknya Bang Ippho, hingga namanya pun ada embel-embel ‘right’ .Sekedar catatan, kami mengamati kultur Islam, Nasrani, bahkan Indonesia familier dengan serentetan istilah serba kanan yang seluruhnya identik dengan kebaikan.

Malah dalam bahasa Inggris kebetulan kata ‘kanan’ dan kata ‘benar’ sama-sama diterjemahkan menjadi ‘right’. Maka, bolehlah kami berasumsi bahwa kanan itu hampir selalu benar. Lebih lanjut, dalam bahasa Inggris kebetulan pula kata ‘kiri’ dan kata ‘tertinggal’ sama-sama diterjemahkan menjadi ‘left’. Maka bolehlah kami berasumsi bahwa kiri itu hampir selalu tertinggal. ‘Kanan’ ini bisa diartikan otak kanan atau kreativitas, kalau mau tahu lebih mengenai ‘Kanan’ coba baca buku-buku karya Ippho – puas-puasin deh.

#2 Setiap Orang adalah Pemimpin
Dalam melakukan aktiviasnya Nabi menerapkan metode duplikasi, maksudnya ia memilih cara-cara yang sangat alami, sangat manusiawi, bisa diteruskan, dan bisa ditiru (duplicability), baik sebagai Nabi, entrepeneur, panglima perang, kepala negara maupun kepala rumah tangga.

Dan bersabdalah Sang Nabi suatu ketika, “Setiap orang adalah pemimpin.” Itu artinya, setiap orang adalah teladan. Karena kami percaya sepenuhnya, kepemimpinan yang baik hanya dapat dicapai melalui keteladanan yang baik. Tidak perlu dipertikaikan lagi, dengan sintetis dan metode duplikasi, Sang Nabi adalah teladan yang tiada duanya.


#3 Berdaganglah Engkau, Karena 9 dari 10 bagian kehidupan adalah Perdagangan
Di Al-Quran ditegaskan bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu mengubah nasibnya sendiri. Itu artinya, manusia diizinkan dan dimampukan oleh Allah untuk memperbaiki keadaan, termasuk menjadi pribadi yang mandiri.

Nabi Muhammad adalah seorang entrepreneur. Demikian pula istri dan sahabat-sahabatnya. Islam pun dibawa oleh Muslim dari Timur Tengah dan China, yang kebetulan singgah di tanah air. Jelaslah sudah, dunia Islam sangat identik dengan dunia entrepreneurship. Bukankah begitu? Ironisnya Muslim Indonesia sekarang jauh dari dunia entrepreneurship. Sungguh ini patut disayangkan. Padahal dengan menjadi entrepreneurship, selain lebih mandiri secara ekonomi, kita juga lebih mudah untuk membantu sesama, mencari ilmu dan beribadah.

#4 Kekayaan Tidak membawa Mudharat bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah Swt
Terkait entrepreneur dan kekayaan, Nabi Muhammad bukanlah contoh satu-satunya. Turut serta pula istri dan sahabat-sahabatnya. Mereka benar-benar entrepreneur! Dan mereka benar-benar kaya.

Kekayaan dapat memudahkan kita dalam beribadah. (sebaliknya, kemiskinan itu dapat mendekatkan kita dengan kekufuran.) Misalkan saja, untuk berjihad, bersedekah, berzakat, berhaji, berumrah, menafkahkai keluarga, mencukupkan kebutuhan ahli waris, mencari guru-guru (mursyid), menuntut ilmu, menegakkan ekonomi syariah, membangun sarana umat, dan meningkatkan bargaining position umat.

#5 Katakanlah kepada Pihak yang Engkau ajak berjual-beli, tidak boleh menipu
Nabi bersabda “Berhati-hatilah pada sumpah yang berlebihan. Meskipun itu akan meningkatkan penjualan, tetapi itu akan menghilangkan keberkahan”. Perintah lain menegaskan, “Berhati-hatilah pada sumpah yang berlebihan. Meskipun itu akan meningkatkan penjualan, tetapi itu akan menghilangkan keberkahan”

Sang Nabi menjanjikan ganjaran yang tidak terkira kepada entrepreneur yang jujur, terpecaya. Selain dijanjikan rahmat dariNya, juga dijanjikan surga sekaligus kedudukan yang setara dengan para syuhada.

Masih berlanjut lho, ada 4# lagi - yang akan rizalarable bagi di minggu depan. untuk ebook gratis libur dulu ya, minggu depan saya pastiin akan bagi-bagi lagi.


3 komentar:

Barusan Pulang

Friendship