Minggu, 19 Desember 2010

Keberanian dan Keberanian Part: 2

Sekarang memenuhi hutang saya untuk membagi ilmu keberanian yang saya dapat dari Ust. Komarudin Chalil, apa sajakah itu. Sebenarnya apa yang diharapkan jika kita mempunyai keberanian dan jika tidak mempunyai keberanian. Salah satu contohnya jika kita tidak mempunyai keberanian, saat ini (di Indonesia) kita akan hidup dengan banyak orang Bule atau kita tidak akan ada di muka bumi...

Why?? ya jelas banyak orang Netherlands di Indonesia atau orang Japan menguasai Indonesia, you know what i mean. Karena jika para Pahlawan tidak berani mati saat memperjuangkan kemerdekaan, nggak tahu deh apa jadinya negeri ini. Dan saat ini kita meneruskan perjuangannya dengan berbuat yang maksimal untuk mencapai kesuksesan kita dan membangun Indonesia dengan lebih baik.

Nah untuk menjadi untuk menggapai kesuksesan yang kita impikan harus ada salah satu fakor penting yaitu Keberanian, saya akan keluarkan satu persatu - keberanian apa aja sih.
  1. Berani bercita-cita : Apa yang harus kita lakukan dengan cita-cita, tetapkan target. Karena tujuan akan terlihat jika ada target, tantangan akan terus terngiang jika target tersebut di audio visualisasikan. Nggak ada yang salah dengan cita-cita, dan itu butuh keberanian - hanya the looser yang tidak berani bercita-cita.
  2. Berani memulai : Ada ungkapan yang seperti ini: "Stop dreams and start action", karena jika hanya bercita-cita dan nggak memulai, artinya kita hanya menghayal selama ini. Do it - get action, gak ada 1000 langkah tanpa langkah pertama.
  3. Berani berkorban : Seperti para Pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan, di sekolah dasar informasi pengorbanan itu sudah ada di ujian nasional. Dan coba ingat kembali diri ini hingga sekarang, ternyata kita juga telah melakukan pergorbanan. Waktu, fisik, harta dll berani dikorbankan oleh the Winner untuk mencapai tujuannya.
  4. Berani berproses : Tidak ada yag instan dalam mencapai kesuskesan, semua butuh waktu dan proses yang panjang. Saat kita melihat seseorang yang telah berhasil (dalam hal apapun), coba tanyakan apa yang telah dilakukannya? Waow anda pasti terkejut, kalau tidak percaya - coba lakukan kepada seseorang di lingkungan anda, tanya kepada mereka jalan hidup yang teah dilaluinya.
  5. Berani mengevaluasi diri : Setiap orang pasti punya masalah atau kegagalan tapi yang terpenting adalah cara kita menyingkapi kegagalan tersebut. Bagaimana caranya supaya tidak jatuh di lubang yang sama, ya pasti dengan mengevaluasi dan memperbaikinya.

Itu tadi 5 keberania versi Ust. Komar untuk menggapai kesuksesan, lah emang ada versi lain zal? ya jelas banyak, seperti kata Andrie Wongso: Keberanian merupakan aset yang sangat berharga bagi pribadi kita. Keberanian bisa menjadikan sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Keberanian bisa mejadikan sikap negatif menjadi positif, pesimis menjadi optimis, miskin menjadi kaya, dan gagal menjadi sukses.

Dengan menyadari akan besarnya kontribusi KEKUATAN KEBERANIAN bagi kita, mari pastikan untuk memanfaatkan KEBERANIAN semaksimalnya dengan: 
1) Berani menentukan cita-cita yang tinggi, 2) Berani bangkit lagi dari kegagalan, 3) Berani belajar dari kelemahan dan kesalahan, 4) Berani membayar harga untuk keberhasilan, dan 5) Berani memastikan untuk berjuang sampai sukses!!!

Menurut Bung Karno ada 5 keberanian juga, yakni :1. Berani berketuhanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2. Berani menjadi manusia yang adil dan beradab, 3. Berani bersatu, 4. Berani untuk menjadi rakyat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, terakhir 5. Berani untuk melakukan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia!!

Bagi umat muslim di seluruh dunia pasti sudah mengetahui yang ini, 
  1. Berani mengucap 2 kalima syahadat
  2. Berani mendirikan sholat
  3. Berani mengedalikan nafsunya dengan berpuasa
  4. Berani mengeluarkan hartanya untuk berzakat
  5. Berani melakukan perjalanan haji bagi yang mampu

Oke friend, janji adalah hutang. Saya telah memenuhinya.....bagaimana dengan janji anda, apakah sudah terpenuhi juga? apakah 5 keberanian menurut anda, sampaikan ke saya  - karena pengunjung Blog Sing Biasaneh gak akan pernah puas dengan apa yang disampaikan oleh rizalarable.



4 komentar:

  1. Thanks pak Rizal..motivasi yang luar biasa…
    Tapi ada satu yang ketinggalan dari lima keberanian yaitu berani membayar utang bagi yang berutang….he..he..

    BalasHapus
  2. Sip lah Zal. Berani karena benar, kalau takut ya ngacir aja.
    Bung Karno di granat di cikini, di berondong dari pesawat oleh maukar, ditembak dari belakang waktu sholat idul adha
    aja gak takut…

    BalasHapus
  3. Banyu Biru Bamarthon [bamarthom_3b@yahoo.com]22 Desember 2010 pukul 08.24

    maturnuwun pak motivasine...CIAO!

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship